4 Cara Jitu share otomatis postingan blog ke 100 sosmed



cara share otomatis postingan blog, share blog post, Social Magement tool terbaik, auto post.

Apakah kamu menulis artikel super, setelah itu kamu tekan publish, setelah menunggu cukup lama ternyata apa yang kamu dengar hanyalah bunyi jangkrik semata?
Setelah itu kamu memberitahu ibumu bahwa kamu mempunyai blog baru. Dan ibumu langsung kagum padamu. Seketika itulah ibumu menjadi fansmu, ya tepat!! Hanya ibumulah fansmu,

mengapa demikian?


Membuat artikel bermutu dan SEO hanyalah setengah dari syarat yang kamu butuhkan, dan ada beberapa faktor lain mengapa blogmu jarang pengunjungnya.
Salah satunya adalah situs kamu tidak terkenal di dunia maya. Kamu harus mempromosikan situsmu ke sosial media.

Apa itu Media sosial?

Media sosial  (Social Media) atau biasa disingkat sosmed merupakan fokus utama bagi pemasaran suatu produk perusahan, tak peduli usaha tersebut kecil maupun besar.

Kehadiran media sosial yang kuat membuat suatu brand yang kuat, manajemen antar pelanggan, ekspansi target pasar, umpan balik yang berharga dan dorongan dalam analisis web.

Meskipun hal ini mungkin benar, sobat tidak bisa mencapai apa-apa dengan hanya cukup berada di platform yang paling populer, seperti Twitter, Facebook, Google.

Sangat penting untuk memiliki keterampilan media sosial yang terlatih untuk terlibat, mendengarkan dan menanggapi visitor yang merupakan target untuk kelangsungan hidup blog.
Hal ini juga amat sangat penting bagi dunia perbloggingan, manfaat media sosial untuk blog sangat banyak sekali. Ibarat pasar media sosial merupakan tempat untuk mempromosikan artikel sobat kepada dunia, selain itu media sosial juga merupakan fresh backlink dengan PR yang sangat  tinggi.

Namun, hanya satu masalah utama untuk mempromosikan blog di sosial media. Tepat!! Kita harus mengatasi manajemen waktu, kita tahu kalau sosial media itu tidak hanya sepuluh, jadi kita membutuhkan social media management tool.

Ada berbagai macam Social management tool yang memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal posting, mengawasi aliran yang berbeda dalam cara yang lebih efisien dan melacak statistik yang dapat membantu Anda meningkatkan pesan Anda dan posting.

Ada beberapa alat yang baik di luar sana, tapi untuk artikel ini saya memutuskan untuk memilih empat yang menonjol dan berbeda satu sama lain. Keempatnya mempunyai fitur free dan tidak dibatasi trial atau harus membayar. Walaupun versi freenya kalah dengan premium tapi saya jamin, menggabungkan keempat-empatnya membuatmu merajai media sosial.

Berikut ini cara auto post artikel blog ke banyak social ke sosial media akan memberitahukan sobat bagaimana cara sharing ke jejaring sosial terkenal, bukan hanya facebook, google dan twitter saja. Namun juga termasuk:

Delicious
Banyak fanspage facebook – biasanya cuman satu
Facebook group
Google community
Googleplus
Google fanspage
App.net

Selain itu sobat juga bisa sharing foto yang ada di post sobat otomatis ke

Flickr
Instragam

Langkah-langkah sharing otomatis ke sosial media

Mempunyai RSS feed

Rata-rata para blogger pemula tidak tahu apa itu fungsi rss feed. Bahkan beberapa pemula hanya berpikir bahwa rss feed hanya berfungsi untuk memudahkan pembaca mengetahui update-update artikelmu. Padahal, Rss feed ini bisa digunakan sebagai salah satu alat utama untuk auto posting artikelmu.

RSS memang sudah otomatis ada saat blog itu lahir, tinggal sobat tahu gak alamat ur. Cara mengetahui rss feed blogmu gampang kok.

Caranya yaitu buka blogmu, ketikkan url blogmu. Browser yang saya pakai adalah mozilla firefox

Kedua pergi ke bookmarks >> Subscribe to This Page >> Klik salah satu subscribe to..



Nah muncullah halaman feed blogmu. Di status bar terdapat feeds.feedburner.com/blogspot/iwanthappierever  itulah feed blog saya.

 

Tambahan
Apakah kamu bosan dengan rss feed yang sulit diingat, kamu juga bisa buat rss default sendiri, silahkan klik feedburner.com


Sekarang saya akan memberitahu 4 tool online ini, Mereka ini toolnya full gratis, jadi gak ada batasan trial. Dan bersiaplah melihat postinganmu muncul otomatis di facebook dan multiple media sosial sebangsanya Like Pro.


1. Dlvr.it




Dlvr.it merupakan salah satu tool auto posting yang ideal. Menggunakan RSS feed, kamu bisa sharing artikel ke banyak social media. Kamu bisa re-post blogmu pakai alat ini.

Tips: Gunakan Dlvr.it untuk share post ke facebook dan linkedin


Cara menggunakan Dlvr.it

1. Pastikan kamu sudah terdaftar, dan login terlebih dahulu. Setelah itu muncul beranda dlvr.it, klik add router

2. Setelah itu klik huruf yang bertuliskan'+add' di petak sources


3. Pilih gambar rss feed sebagai sumber >> connect to feed

4. Lalu isi dengan url rss defaultmu, di situ kamu bisa custom sendiri pengaturannya, misal kapan postnya. Tapi, bagi pemula, langsung aja  klik save resource.

5. Setelah itu dipetak destination kamu klik +add, nah kamu bisa pilih outputnya, bisa pilih facebook, google (premium), linkedin, stocktwits.



6. Setelah selesai pilih save.




2. Hootsuite




Hootsuite adalah sosial media manager terpopular untuk situs ecommerce dalam menganalisa dan mengatur situs di dalam banyak media sosial seperti facebook dan twitter melalui satu dashboard berbasis web. Fitur Hootsuite juga sangat banyak, mengelola postingan, tracking, mengukur keberhasilan artikel blog di dunia maya. Hootsuite menawarkan fitur gratis, pro. dan enterprise. Untuk fitur sendiri mempunyai, google analytic, auto post sesuai jadwal/waktu yang  ingin ditentukan, Facebook insight.

Hootsuite ini memang sangat sulit untuk pemula gan. Tapi kalau udah terbiasa, sobat akan betah menggunakan jasanya.

 Tips: Gunakan untuk share artikel otomatis ke google+ fanspage dan blog wordpress.


Cara Menggunakan hootsuite

1. Klik setting, yaitu yang bergambar gear/rantai


2. Setelah itu muncul page baru klik rrs/atom >> klik kotak bergambar +,
3. Isikan feed url dengan feedmu, setelah itu dibawahnyakan kamu bisa lihat kolom 'click to select social network', geser mouse ke sana.


4. Drag mouse ke tombol plus, lalu click.
5. Pilih social network yang kamu mau dan terakhir jangan lupa save feed


3. Buffer

Buffer adalah sosial media manager yang sangat bagus dan pintar untuk mengatur kapan jadwal yang tepat untuk sharing artikelmu ke dunia maya. Kelebihannya salah satunya adalah satu dashboard untuk akun medsos ganda, scheduled post untuk mengatur kapan artikel sobat ingin muncul di sosial, bisa digunakan di Iphone dan Android.

Sebenarnya untuk versi free, kita gak bisa auto post artikel kita, tetapi kita bisa bikin status atau pemberitahuan bersamaan ke setiap social media bersamaan.


Nih tutorial menggunakan buffer

1. Tambahkan dulu sosial media apa yang kamu gunakan, kamu bisa klik tombol plus seperti pada gambar
2. Nah kamu bisa connect dengan media sosial yang kamu punya dengan tekan tombol yang bertuliskan connect




3. Setelah selesai memilah-milah, klik dashboard (ada di pinggir)
4. Isikan status  seperti gambar dibawah >>klik gambar kecil di samping add to queue dan pilih share now.



Tips: Bisa digabungkan dengan IFTTT, Kamu juga bisa menyebarkan link lewat buffer ini lho, sharing made easy and quick!


4. IFTTT


Sampai saat ini, IFTTT (kepanjangan dari If this then that) merupakan yang paling favorit. Agan bisa sharing apapun yang gak bisa dilakukan oleh ketiga social manajement tool di atas. contohnya saja share artikel blog ke tumblr, delicious, instagram bahkan share foto pinterestpun juga. Sebenarnya Buffer dan Hootsuite bisa, namun kendalanya adalah kita butuh biaya (upgrade ke pro). Untuk itulah IFTTT ini favorit, bahkan menjadi editor pickup, karena fiturnya full dan gratis.

Seperti namanya, if this then that mempunyai cara kerja menggabungkan dua variable berbeda melalui resep. Agan dapat berbagi  hal dengan menyalurkannya ke tempat lain misalnya google, facebook, twitter, blogger. Misalnya Agan udah bikin tweet di tweeter lalu ingin tweetnya nongol di facebook agan otomatis. Ya IFTTT yang agan perlukan.

Tips: Gunakan Sekreatif mungkin, karena disana ada banyak sekali platform social media. Manfaatkan, eksploitasikan IFTTT semaksimal mungkin.


Beberapa resep memang membutuhkan sedikit keahlian, misal

Share pin pinterest otomatis ke blog


Apapun gambar yang kamu pin di pinterest, pastikan di repost lagi di blogmu, kan keren.

Berikan notifikasi komentar via sms


Gak yakin ada berapa banyak komentar di blog sobat? Atau ingin membalas dengan cepat?. Kebanyakan komentar menggunakan feed, jadi gunakan resep ini untuk dapat pemberitahuan lewat sms.

Cara menggunakan IFTTT sangatlah simple

1. Pertama,klik tombol create recipe

2. Buat lah resep yang sobat mau. Biar cepet, ane search rss, lalu klik gambar rss

 3. Pilih new feed item >>  isi url
4. Klik huruf that
5. Silahkan pilih channel yang agan mau, bisa facebook pages, delicious dll. Tapi tak semua channel berhasil, jadi agan harus hati-hati.

Penting!
Kita bisa membuat berbagai ' resep' dengan menggunakan IFTTT. Tapi tak semua resep berhasil. 


Itulah tutorial dari saya. Moga bisa membantu, happy blogging! .




Post a Comment

Terimakasih informasinya, izin share :)
http://goo.gl/w6Lrxu

Terimakasih informasinya. Saya sedang belajar dlvr.it terus nanya mbah google, gimana cara pake dlvr.it, dapet tulisan mas Refano ini.

Sangat membantu sekali. terima kasih

Masih bingung nerapinnya gan maklum masih newbie. Btw artikel keren, i like

kalau bingung jangan malu-malu kucing, tanya saja sama saya. mungkin ane bisa bantu.

yesss bisa gan berkat artikel dari agan...makasih yek...
Blog Gue

SANGAT bermanfaaat dalam pengetahuan berbagi

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget