Makalah mozilla firefox




Mozilla firefox logo  

Makalah Tentang Mozilla Firefox



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1          Latar Belakang
Seiring perkembangan teknologi informasi di dunia. Maka berbagai bidang ikut berkembang,
termasuk internet. Internet adalah hubungan (koneksi) satu komputer ke komputer lainnya diseluruh dunia melalui server dan router terdedikasi. Ketika dua komputer terhubung lewat internet, mereka bisa saling kirim dan terima informasi seperti teks, grapik, (gambar), suara, video dan program komputer berupa software dan aplikasi. Internet juga berfungsi untuk browsing ( menjelajah internet untuk mencari informasi seperti berita, gambar, buku, game, dan lainnya). Kata Browsing tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya Browser karena Anda tidak akan bisa menjelajahi internet tanpa menggunakan sebuah aplikasi yang dinamakan dengan nama Browser.
    Browser merupakan program atau aplikasi yang di rancang untuk menampilkan teks, gambar, dan juga dapat digunakan untuk berbagai macam interaksi pada saat menjelajahi internet. Dengan menggunakan Internet Browser kita akan dapat mengakses internet (world wide web). Internet browser juga dikenal dengan nama web browser yang digunakan untuk mengkases sebuah websiteyang berisi gambar, video, audio, kata-kata dalam bentuk HTML. Internet Browser mula-mulanya dikembangkan agar bisa berbagi dokumen dalam bentuk teks dari orang per orang namun dalamjumlah yang kecil. Kemudian dengan semakin berkembangnya teknologi maka web browser  berkembang dengan sangat cepat yang telah digunakan jutaan bahkan milyaran orang di seluruh dunia.
  Salah satu Web Browser terpopuler dan termodern adalah Mozilla Firefox yaitu aplikasi penjelajah web antarplatform yang bersifat
freeware dan cross-platform, dikembangkan oleh Mozilla Corporation dan ratusan sukarelawan dari seluruh dunia. Sesuai dengan namanya, web browser Firefox memiliki logo rubah api, awalnya merupakan cabang dari Netscape Navigator, yakni Mozilla Application Suite. Namun, kesuksesan Firefox menembus pasar web browser justru mengantarkannya sebagai software utama yang dikembangkan oleh Mozilla saat ini.














       1.2        Tujuan Penulisan
1.    Untuk lebih tahu tentang sejarah Mozilla Firefox.
2.    Untuk mengetahui perkembangan program browser yang sering digunakan.
3.    Untuk mengetahui ciri-ciri Mozilla Firefox.
4.    Untuk menambah wawasan mengenai program browser yang biasa digunakan.
5.    Mengetahui kelebihan dan kelemahan suatu program browser.


        1.3          Rumusan Masalah
°         Bagaimana sejarah Mozilla Firefox ?
°         Bagaimana perkembangan Mozilla Firefox ?
°         Siapa penemu Mozilla Firefox ?
°         Apa fitur-fitur yang dimiliki Mozilla Firefox ?
°         apa saja Versi Mozilla Firefox yang dirilis?
°         Apa kelebihan dan kelemahan Mozilla Firefox?
°         Bagaimana cara mendapatkan (menginstal) Mozilla Firefox?

 




BAB 2
Pembahasan

  2.1 Sejarah Mozilla Firefox   

a. awal terbentuk

Pada tanggal 21 Maret 1998, coder dari Netscape memulai sebuah proyek open source yang mereka namakan Mozilla. Nama ini adalah nama kode pertama untuk browser Netscape Navigator yang telah populer di tahun 1990-an. Pada tanggal 23 September 2002, pengembangnya merilis browser dengan nama Phoenix 0,1 yang menjadi cikal bakal Firefox.

Pada tanggal 15 Juli 2003, Mozilla Foundation dilahirkan. organisasi ini adalah organisasi non-profit yang mempunyai pedoman untuk melayani pengguna internet bukan didasari oleh komoditasnya namun kepada layanannya.
yayasan Mozilla untuk merancang sebuah masa depan bagi merk Mozilla dan identitas visualnya. Karena luasnya cakupan proyek yang dilakukan Mozilla sehingga menimbulkan kebingungan tentang penggunaan nama/merk Mozilla yang dideskripsikan oleh para pengguna sebagai aplikasi web browser, paket aplikasi, platform dan keseluruhan koleksi dari proyek aplikasi tanpa batasan yang jelas.
     Untuk itu pada tahun 2003 dimulai dari Mozilla Suite version 2.0, yaitu sebuah paket aplikasi yang terdiri dari 4 aplikasi desktop, masing-masing telah diberi nama dan logo. Pertama kali proyek Mozilla meluncurkan nama browser bukanlah Mozilla Firefox, tapi Phoenix. Berhubung kata Phoenix sudah terambil untuk nama perusahaan produsen BIOS Phoenix Technologies akhirnya diubah menjadi Mozilla Firebird. Pada tanggal 09 November 2004 Mozilla firebird berganti nama menjadi Mozilla Firefox.


b. Perkembangan

Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
perkembangan Mozilla Firefox dari meniti karir hingga sekarang :

°         31 Maret 1998

Para programer Netscape memulai proyek open source. Mereka menyebut proyek ini sebagai Mozilla, sebuah kode nama dari browser Netscape Navigator yang sangat populer pada era 1990-an. Mozilla berasal dari kata "mosaic" (browser yang populer tahun 1990-an) dan "killer".


°         23 September 2002

Browser bernama Phoenix 0.1 dirilis. Produk ini merupakan cikal bakal browser yang kemudian dikenal sebagai Firefox.


°         15 Juli 2003

The Mozilla Foundation didirikan. Yayasan yang berkantor pusat di Mountain View, Amerika Serikat, ini merupakan organisasi nirlaba yang memegang prinsip: "Web adalah sumber daya publik yang harus selalu dikembangkan dan dilindungi, bukan komoditas untuk dijual."

Dalam situs web-nya, Mozilla berkomitmen untuk mempromosikaan keterbukaan, inovasi, dan kesempatan di dunia maya.


°         15 Juni 2004

Mozilla meluncurkan Galeri Add-ons, yang di menyediakan alat bantu ekstensi, tema, dan plug-in yang bisa digunakan pengguna untuk memperkaya browser Firefox.


°         9 November 2004

Mozilla memperkenalkan Firefox 1.0, sebuah browser versi lengkap. Untuk menyambut kehadirannya, para penggemar Mozilla memasang iklan satu halaman penuh di suratkabar harian The New York Times.


°         12 Agustus 2006

Para penggemar Firefox, yang sebagian besar adalah mahasiswa Oregon State, AS, membuat crop-circle seluas 220 kaki bergambar logo Firefox di ladang gandum dekat Amity, Oregon, AS.




°         21 Februari 2008

Total unduhan Firefox mencapai lebih dari 500 juta kali.


°         17 Juni 2008

Mozilla merilis Firefox 3.0. Dalam waktu 24 jam, Firefox 3.0 diunduh oleh 8 juta kali. Belum pernah ada sebuah perangkat lunak yang dapat mencapai prestasi ini. Guiness World Record menobatkan Firefox 3.0 sebagai "Perangkat Lunak Aplikasi dengan Unduhan Terbanyak dalam 24 Jam."


°         8 Februari 2011

Mozilla menegaskan komitmen untuk melindungi privasi pengguna, dengan merilis versi beta Firefox 4 yang dilengkapi fitur "Do Not Track".


°         29 Maret 2011

Mozilla merilis Firefox untuk perangkat mobile Android. Browser ini menyediakan pilihan 10 bahasa.


°         April 2011

Yayasan mempercepat jadwal perilisan versi baru Firefox setiap enam pekan sekali. Dengan jadwal ini, selalu ada empat versi Firefox yang sedang dikerjakan dalam waktu tertentu.

Pengguna dapat menjajal versi "Nightly" yang memiliki pembaruan tapi belum sepenuhnya diperbaiki, lalu ada versi "Aurora" yang lebih stabil, kemudian versi "Beta" yang hadir sebelum versi penuhnya.


°         26 Juli 2012

Total unduhan add-ons melebihi 3 miliar kali. Mozilla mengklaim, mereka memiliki lebih dari 17 ribu pengguna yang juga membuat add-ons untuk Firefox.


°         23 September 2012

Lebih dari 450 juta orang menggunakan Firefox. Sekitar 40% kode pemrograman ditulis oleh para relawan open source. Firefox untuk komputer pribadi tersedia dalam 75 bahasa dan lebih dari separuhnya menggunakan versi bahasa non-Inggris.
Hingga kini, Mozilla Firefox merupakan Browser nomor satu di dunia, yang sangat terkenal dan paling sering di pakai orang dalam berinternet.
2.2 Sejarah Logo dan Maskot Mozilla Firefox
a. Logo Mozilla Firefox
Logo mozilla firefox dibuat oleh Steven Garrity pada tahun 2003, awalnya Garrity hanya menulis artikel tentang kritik untuk logo Mozilla Phoenix yang baginya tidak mempunyai identitas visual yang bagus. Garrity diundang oleh petinggi Mozilla untuk membahas logo yang berkelas untuk Firefox.
      Kemudian di tahun 2004 terbentuklah Mozilla Visual Identity Team yang dipimpin oleh Steven Garrity. Tim ini bertugas untuk meningkatkan kualitas dan konsistensi elemen visual (ikon/ logo, tema dasar, dll) dari produk-produk Mozilla. Jon Hicks yang bertugas membuat ilustrasi logo Firefox awalnya sedikit kesulitan dengan konsep Firefox. Akhirnya karena terinspirasi dengan lukisan dari Jepang tentang seekor rubah, akhirnya muncul gambar yang
Terakhir diketahui bahwa inspirasi dari logo Mozilla Firefox adalah sebuah foto gugusan bintang yang diambil dari telescope Hubble Space pada tahun 2002.

b. Maskot Mozilla Firefox

pembuatan maskot ini bertujuan membawa misi tertentu Firefox yang cukup penting, salah satunya seperti menjadi duta untuk memasarkan dan mensosialisasikan penggunaan Firefox di suatu negara. Penampilannya yang imut dan menggemaskan tidak hanya disukai anak-anak tetapi juga orang dewasa sehingga demam Firefox dapat terus menyebar ke seluruh dunia. Maskot resmi Firefox saat ini hanya empat, yaitu :

1. KIT



      Maskot bertampang memelas ini didesain Sean Martell berdasarkan ide dari Chris Beard pada tahun 2006 dan diperkenalkan pertama kali kepada khalayak dengan nama Renardo di konferensi para pengembang Firefox yang bertempat di Mountain View, California. Kemunculannya menjadi sangat populer pada konferensi SXSW Interactive (festival industri kreatif di kota Texas) di tahun 2007 dan ditayangkan ke DL.TV. Karena maskot tersebut terlihat seperti rubah yang masih sangat kecil, maka diberi nama Kit (bayi rubah).
     Pembuatan maskot ini adalah keinginan atau ajakan dari para pengembang di Mozilla Developer Center agar membangun web menggunakan standar terbuka dan teknologi open source. Dengan begitu kebebasan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan/ kekayaan intelektual dapat terus dilakukan, dan juga ide dan kreatifitas tidak dikekang oleh para pemilik standard tertutup.
     Wajah Kit didesain sedemikian rupa sehingga membuat banyak orang yang melihatnya merasa kasihan terhadap maskot tersebut dan sepertinya pembuat ingin agar kampanye ini tidak dipandang sebagai sesuatu hal yang memaksa atau menyerang tapi lebih kepada ajakan yang tulus dan menyentuh hati banyak orang dengan lembut sehingga tergerak untuk mau mendukung kampanye tersebut.

2. FOXKEH



    Maskot ini lahir di bulan September 2006 dari tangan tim Mozilla Jepang dan seperti yang kita tahu Jepang terkenal dengan desain karakter kartunnya lucu dan unik, begitupun dengan Foxkeh. Maskot Firefox yang satu ini tampil sangat menggemaskan dan kehadirannya cukup dikenal di kalangan pengguna browser Firefox tidak terbatas di Jepang saja.
   Nama Foxkeh (fokusuke) merupakan hasil sumbangan ide lebih dari 7000 member komunitas pengguna Firefox di Jepang. Nama Foxkeh (dibaca Fokusuke) berasal dari gabungan kata FIREFOX dan SUKE (nama akhiran umum untuk anak laki-laki di Jepang).
   Sejak pertama kali muncul Foxkeh sudah membantu penyebaran Firefox, dengan kemunculannya di Vox Banner Contest, sebuah poster yang menjelaskan sejarah Firefox, wallpaper bulanan lengkap dengan tanggal dan gambar Foxkeh dalam berbagai aksi, seri video promosi Firefox dan masih banyak lagi.
   Pada awalnya semua pernak-pernik Foxkeh tampil dalam tulisan Jepang dan ditampilkan di situs http://foxkeh.jp/, tapi dengan banyaknya permintaan yang dari luar Jepang akhirnya dibuatlah sebuah blog yang beralamat di http://www.foxkeh.com/ yang berbahasa Inggris.
   Wujud Foxkeh bisa didapatkan dalam bentuk tema (Foxkeh Theme) untuk Firefox. Tema dengan warna dominan oranye dan kuning ini sangat cantik dan menarik, Anda bisa melihat animasi Foxkeh sedang berlari setiap kali di pojok kanan atas dan kepala Foxkeh yang imut itu berputar-putar di tab setiap kali mengunjungi situs.

 3. G-FOX



   Pada bulan Juni 2008 Mou-Zhi Network (kantor cabang Mozilla di China) melalui CEO-nya, Gong-Li memperkenalkan maskot Firefox yang diberi nama G-Fox. Dan seperti halnya saudara-saudaranya dari Amerika dan Jepang, Kit dan Foxkeh, kehadirannya bertujuan untuk membuat kampanye penggunaan Firefox menjadi lebih menyenangkan dan bisa lebih diterima terutama untuk para penduduk China.
   G-Fox memiliki bola mata yang besar, menandakan bahwa maskot ini sangat cermat, seperti halnya browser Firefox sebagai mata dari komputer untuk melakukan pencarian dan kegiatan lainnya untuk membantu manusia mengenal dunia dengan lebih jelas lagi. Lalu bentuk kupingnya yang panjang dan berdiri tegak memungkinkannya untuk menangkap suara-suara yang berfrekuensi kecil, dan sesuai dengan browser Firefox sebagai sebuah aplikasi open source sehingga banyak orang yang dapat memberikan kontribusinya. Karakteristik bangsa China didapat dari bentuk lengkungan (Choi Wan) pada ekor, yang menjadi penghias sekaligus penyempurna bentuknya.

4. FOXMOSA



   Dari komunitas Mozilla di Taiwan lahirlah maskot Firefox keempat yang diberi nama Foxmosa. Sudah beberapa tahun yang lalu maskot lucu ini membantu berbagai kegiatan promosi Firefox, seperti mempromosikan Firefox versi 2, Download Day dan pesta Firefox 3 untuk penggguna di Taiwan. Tapi baru kali ini beritanya dipublikasikan di situs resmi Mozilla setelah menerima detil informasi tentang Foxmosa dari salah satu anggota komunitas Mozilla Taiwan, yaitu Handsome Puppy. Sehingga sekarang ini Foxmosa sudah keluar dari kandangnya dan mulai bergabung dengan saudara-saudaranya yang lain.
  Yang membuat tampilan Foxmosa seperti yang kita lihat sekarang ini adalah Tatit. Seorang ilustrator asal Taiwan yang sangat menyukai Firefox. Nama Foxmosa berasal dari tulisan China, Formosa (dibaca Fu Er Mo Sha).

5. Kumi

Tepat pada tanggal 2 Oktober 2011, KUMI tampil dengan baju barunya yang bercorak batik khusus. Baju batik KUMI hadir dengan dominasi warna biru muda dan siluet logo Mozilla Firefox.
Maskot tersebut pertama kali diperkenalkan kepada umum saat Mozilla Indonesia Community Meetup diadakan pada 27 September 2010 di Jakarta yang juga dihadiri langsung oleh Mitchell Baker (Chairperson Mozilla Foundation) dan Gen Kanai (Director of Asia Business Development Mozilla Corporation).




2.3 Penemu Mozilla Firefox

        Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla yaitu fasilitas penjelajah internet yang diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru berumur 19 tahun.
Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Oleh karena itu, namanya menjadi Mozilla Firefox. Program ini dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Dan juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.


2.4 Fitur-fitur, Kelebihan,dan Kekurangan yang Dimiliki Mozilla       Firefox

Fitur yang ditawarkan Firefox meliputi penggunaan tab, pengecekan ejaan, pencarian, markah buku (bookmark), mengembalikan session, pengunduhan, dan private browsing. Firefox menerapkan beberapa standar web, termasuk HTML4 (juga sebagian HTML5), XML, XHTML, CSS, JavaScript, dan DOM.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan.

a)      kelebihan Mozilla Firefox

· Kelebihan Firefox Dibandingkan IE Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat

· Ukuran download yang jauh lebih kecil

· Banyak tersedia addons untuk kelengkapan fungsi dari firefox

· Ada komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester)

· Kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE

· Perkambangan yang sangat pesat

· Keamanan browser lebih terjamin dari browser lain

· Meningkatkan popularitas di mata para pengguna internet sangat baik

· Konfigurasi browser yang lebih lengkap dibandingkan dengan Internet Explorer

· Ukuran aplikasi yang relative kecil

· Penampilan halaman yang lebih ringkas, luas dan area toolbar lebih ringkas

b) Kekurangan Mozilla Firefox

· Startup time (waktu menjalankan program pertama kali) sangat lambat dan berat

· Tidak berfungsi optimal bila tidak ditambahi addons

· Para krackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar

· Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja .

· Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. (berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3.

· Membutuhkan waktu yang lama saat pertama kali menjalankannya.Adanya kebutuhan terhadap add on agar dapat berfungsi optimal, melihat keganasan para cracker setelah mengetahui tingkat popularitasnya yang tinggi.

· Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan Browser Mozilla Firefox. Mozilla Firefox tidak terintegrasi dengan Outlook dan Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak berjalan dengan baik





2.5 Versi – versi Mozilla Firefox
a) Versi 1.0 (9 November 2004) Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya.
b) Versi 2.0 (24 Oktober 2006) Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan crash jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. Dalam versi ini mozilla firefox 2.0 sudah mengalami banyak perbaikan. bahkan, pesaing utama web browser ini yaitu internet explorer sudah mulai kehilangan para penggunanya dan berpindah ke browser mozilla.
c) Versi 3.0 (17 Juni 2008) merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia. Ada rekor yang sensasional yang telah dibuat oleh browser berlambang rubah ini. Dalam persaingan yang cukup ketat antara 2 browser yang cukup mendominasi antara Internet Explorer dan opera, Mozilla Firefox berhasil memebuat Angka Download 1 Miliar pada tanggal 1 Agustus 2009.
d) Versi 27.0 (2 Februari 2014) merupakan versi terbaru dan terstabil. Versi baru 27.0 dirilis dengan beberapa perubahan, perbaikan, dan fitur baru, yaitu :
  • Memperbolehkan untuk menjalankan lebih dari satu layanan ketika menggunakan Sosial API pada Firefox
  • Secara default, TLS 1.1 dan TLS 1.2 diaktifkan
  • Ditambahkan dukungan untuk protokol SPDY 3.1
  • Kemampuan untuk mereset model lembar menggunakan "all:unset"
  • Sekarang Anda bisa memilih untuk men-deobfuscate javaskrip di dalam debugger
  • Ditambahkan dukungan untuk fieldsets yang digulir
  • Diimplementasikan untuk memperbolehkan popup direktif untuk iframe sandbox, memungkinkan penambahan keamanan
  • Kunci kursor CSS -moz-grab dan -moz-grabbing sudah unprefixed
  • Ditambahkan dukungan untuk generator ES6 dalam SpiderMonkey
  • Diimplementasikan dukungan untuk fungsi matematika Math.hypot() dalam ES6
  • Dukungan untuk garis putus-putus dalam Kanvas
  • Rendering untuk mendapatkan konten Azure/Skia bekerja pada Linux
  • Perbaikan keamanan

2.6 Tutorial Menginstal Mozilla Firefox
Menginstall browser mozilla firefox pada komputer seringkali membingungkan bagi pengguna yang kurang familiar dengan internet browser terbaik ini. Petunjuk instalasi Mozilla Firefox  pada komputer, notebook  langkah-langkahnya tetap sama. Bila anda mengalami kesulitan dalam proses installasi firefox pada komputer anda.
Sebelum melakukan proses instalasi firefox pada komputer, tidak ada salahnya memperhatikan System Requirements (spek minimal) yang direkomendasikan oleh Mozilla :

Operating Systems Windows
  • Windows 2000, Windows Server 2003, Windows XP, Windows Vista, Windows 7
  • 512MB RAM
  • Ruang hard disk minimal 200MB
  • Pentium 4 or newer processor that supports SSE2
Operating Systems Mac
  • Mac OS X 10.5, Mac OS X 10.6, Mac OS X 10.7
  • Macintosh dengan prosesor Intel
  • 512 MB of RAM
  • Ruang hard disk minimal 200MB
Linux
  • GTK+ 2.10 atau ke atas, GLib 2.12 atau ke atas, Pango 1.14 atau ke atas
  • X.Org 1.0 atau ke atas
  • libstdc++ 4.3 or higher, NetworkManager 0.7 atau ke atas
  • DBus 1.0 atau ke atas, HAL 0.5.8 atau ke atas
  • GNOME 2.16 atau ke atas
Setelah spekulasi minimum terpenuhi maka langkah-langkah selanjutnya adalah :
a)    Download Mozilla Firefox melalui http://mozilla.org/en-US/firefox
b)   Double click pada file Firefox.exe yang sudah anda download dan klik Run
c)    Klik Next dan Next hingga selesai. Pada langkah ini, anda cukup melakukan klik pada opsi Next karena secara otomatis firefox mendeteksi direktori instalasi default yaitu pada C:\Program Files\Mozilla Firefox
d)   Setelah proses instalasi selesai, akan muncul ikon Firefox pada desktop komputer. Untuk menjalankan Mozilla Firefox, double click pada ikon tersebut.
e)    Mozilla Firefox sudah sukses terinstal pada komputer anda!





BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kesimpulan
              
      Mozilla Firefox adalah sebuah program browser yang mudah cara penggunaannya yang memiliki fasilitas canggih. Kemudahan dalam mengakses internet menggunakan Mozilla Firefox membuat semua orang merasa nyaman ketika menggunakannya. Mozilla Firefox memiliki keunggulan daripada program browser lainnya yakni fitur security dan privacy tools, termasuk juga pop up blocking. Dengan fitur-fitur add-ons, keamanan yang lebih baik dari browser lain telah membuat Mozilla Firefox banyak diminati oleh semua orang.


3.2 Saran

Suatu hal tidak luput dari kelemahan. Apabila memiliki kelebihan, pasti juga memiliki kelemahan. Dari kelemahan tersebut, Mozilla Firefox mencoba belajar dari kelemahannya agar bisa berkembang dan menyempurnakan fasilitasnya.
Sebagai penulis ingin menyarankan :
·         Pembaca dapat mengambil hal-hal penting dari makalah T I K ini.
·         Mengetahui sejarah Mozilla Firefox dan programnya secara detail.
·         Selain Mozilla Firefox, pada dasarnya program browser lain juga memiliki kelebihan dan kelemahan.
·         Memahami fitur-fitur yang tersedia di Mozilla Firefox.
·         Meningkatkan diri kita untuk selalu mencoba hal-hal yang baru yang bersifat positif.

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget