Contoh 2 teks eksposisi dari sisi setuju dan tidak setuju

Kegiatan 1 kerja Mandiri membangun teks eksposisi
Tugas 4 Berpidato dalam bentuk teks eksposisi



Kerjakan tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan!

(1)    Buatlah dua teks eksposisi mengenai tema yang sama.Yang pertama condong ke  sisi setuju; yang kedua condong ke sisi tidak setuju.

(2)    Ingatlah kembali bahwa teks eksposisi digunakan untuk mengungkapkan pendapat. Orang lain diminta untuk menerima pendapat tersebut. Untuk itu, argumentasi yang diberikan harus betul-betul kuat. Buatlah teks eksposisi dengan argumentasi yang tidak dapat dibantah oleh pembaca!

(3)    Sajikanlah di depan kelas salah satu teks eksposisi yang telah kalian buat ( pendapat dengan sisi setuju atau tidak setuju di bidang ekonomi atau politik) dalam bentuk pidato resmi. Gunakanlah gaya berpidato seperti Bung Karno, Bung Tomo, atau gaya tokoh pendiri kebangsaan Indonesia lain yang kalian kagumi.

Jawaban 2 teks eksposisi yang saling berbeda tanggapan

Contoh teks eksposisi yang mengarah pada sisi setuju

Perdagangan bebas

Perdagangan bebas memang  berperan penting untuk menciptakan penggunaan sumber daya secara efisien, setiap negara akan memproduksi barang spesialisasinya dan produksi itu memberikan
keunggulan  mutlak untuk meningkatkan pendapatan nasional. Dari aspek ekonomi perdagangan luar negeri bisa menambah devisa negara, meningkatkan pergaulan internasional.

Dari aspek politisi dapat melakukan transfer teknologi modern dan mempererat persahabatan antar negara. Dari aspek buruh dapat menambah lapangan pekerjaan.

Jelaslah, perdagangan luar negeri itu membawa dampak positif dan saling menguntungkan antar negara.

Contoh teks eksposisi dari sisi tidak setuju





Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas memang berperan penting untuk menciptakan penggunaan sumber daya dengan baik, tetapi disamping itu perdagangan luar negeri membawa dampak negatif juga.

Dari aspek ekonomi produk lokal akan terancam dan kalah dengan adanya produk-produk asing yang lebih berkualitas dan murah. Dan itu bisa mengakibatkan kerugian perdagangan dalam negerri.

Selama dampak negatif belum dapat diukur, Indonesia tidak dapat diharapkan memperoleh untung dari perdagangan bebas. Kerugian negara akan sangat besar ketika kita kalah langkah menerapkan perdagangan bebas.

Jelaslah bahwa perdagangan bebas Indonesia perlu diperbaiki sehingga kerugian-kerugian tidak fatal akibatnya.
Labels:

Post a Comment

kok jawaban nomor 2 & 3 gk ada cuma nomor 1 ?

no. 2 itu maksudnya adalah kita disuruh membuat teks eksposisi yang tak terbantahkan. Hanya sebagai pelengkap dari soal no.1 yaitu buat teks eksposisi. no.1 dan no.2 saling sustainable - kalau saling digabung akan menjadi. "buat teks eksposisi yang tak dapat disanggah". Nah no.3. ini jawabannnya: Maju ke depan, bacakan hasil eksposisi seperti gaya bung tomo atau soekarno < intinya baca ke depan kelas>

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget