Manfaat Penting Mempelajari Ilmu Agama Islam


Tabyin : Manfaat dan Pentingnya Ilmu Agama Islam ( PAI )

Manfaat dan Pentingnya Ilmu Agama Islam
Sejak dari kandungan sampai ke liang lahat menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi kita, tidak pandang itu perempuan, laki-laki, kecil, dewasa, baik tua maupun muda. Apalagi pada zaman yang penuh dengan penyimpangan dan fitnah ini. Ilmu yang dimaksud ialah ilmu diniyah atau ilmu syariat, sebuah ilmu yang menjelaskan mengenal Allah SWT dan para Rasul-Nya. Dalam sebuah hadis menyebutkan “ hukum mencari ilmu pengetahuan  ( agama Islam ) adalah fardu’ain ”
Pengertian fardu’ain ialah setiap kewajiban yang mengena pada stiap individu. Artinya setiap orang wajib mencari ilmu pengetahuan tanpa terkecuali, baik ilmu tersebut menyangkut urusan akhirat seperti ibadah wajib, salat dan lain-lain, maupun menyangkut urusan duniawi. Jika seseorang menekuni profesi tertentu agar seseorang tidak terjerumus dalam subhat, yakni perkara yang belum jelas halal haramnya, tentu harus tahu ilmunya. Dengan belajar ilmu syariat, seorang hamba akan lebih memperhatikan segala macam kemaslahatan dan kemudaratan sebelum ia melakukan sesuatu. Ia juga akan lebih hati-hati dalam memahami sesuatu masalah sebelum memvonis dirinya atau jamaah tertentu.
Orang yang mencari ilmu telah dijanjikan kenaikan derajat oleh Allah SWT dalam firmannya : “Allah SWT akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadillah: 11)
Dengan pendidikan syariat segala aspek kehidupan dapat terkoordinir dengan baik. Saat ini materialisme telah membutakan sebagian orang terhadap makna masa depan. Masa depan tereduksi hanya pada usia tua, padahal hidup di dunia ini hanya satu episode kehidupan untuk sampai kekehidupan sesungguhnya, yakni akhirat. Akibatnya, banyak orang tua yang lupa akan pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak mereka yang sebenarnya adalah kunci kebahagiaan para ortu sendiri, terutama juga bagi anak-anaknya. Kelupaan ini membuat benteng budaya yang sudah bagus secara norma dan agama hancur berserakan.
Padahal, Allah SWT telah memberikan kode-kode penting terkait perlunya orang tua memberikan pendidikan agama kepada putra-putrinya. Sebagai contoh, Nabi Ya’kub AS menjelang wafatnya beliau mengumpulkan seluruh keluarga dan anak-anaknya. “... apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab : “ Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail, Ishaq,  (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk dan patuh kepada-Nya.” (QS. al-Baqarah: 133). Sejatinya pendidikan akidah harus diutamakan di atas segala macam jenis pendidikan. Oleh karena itu, langkah yang tepat bagi kehidupan selanjutnya adalah menempatkan garis pendidikan diniyah di garis terdepan. Jika kita melihat kenyataan  yang sedang dialami oleh generasi saat ini yang banyak melakukan tindakan tindakan anarkis, maupun melenceng dari pendidikan agama, seperti tawuran, berfoya-foya, dan lain sebagainya, mesti merupakan bukti pudarnya ilmu agama. Lebih percaya dengan menyekolahkan mereka untuk mendahulukan ilmu umum. Oleh karena itu, pendidikan agama harus dijaga sampai kapanpun. Apalagi di era globalisasi sekarang.
Mestinya, disamping mempersiapkan peserta didik untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga harus diimbangi oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Peningkatan imtaq dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini. Tetapi, tragisnya pendidikan agama yang diperoleh dari sekolah umum kurang memadai untuk jam pelajarannya.
Terima kasih sudah berkunjung di website saya. Kalau artikelnya membantu tolong like dan subscribe (di pojok kanan atas dan samping terdapat beberapa ikon), kalau artikelnya kurang membantu tolong berikan saran yang baik, dilarang spam dan bertasbih kotor di website ini.
Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget