mengenal Ayat Kursi dan keagungannya


Ayat kursi. Ayat nomor 255 dalam surah al-Baqarah yang didalamnya terdapat kata kursiartinya kursi Allah  meliputi langit dan bumi. Kata kursi yaitu takhta, singgasana, tempat duduk, kekuasaan, pengetahuan, dan simbol otoritas.


Menurut para ahli tafsir, yang dimaksud dengan ayat kursi terdapat dalam surah al-Baqarah ayat 255. Kursi Allah adalah gambaran tentang kekuasaan-Nya yang Maha Besar dan kerajaan-Nya yang Maha Luas, dan bukan kursi yang kita kenal sehari-hari yang berbentuk material. Pemberi nama ayat kursi ini ialah Nabi Muhammad SAW sendiri. Dalam akhir percakapan, Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW : “ Ya Rasulullah, ayat apakah yang paling agung yang pernah engkau terima dari Tuhanmu?”. Kemudian Nabi menjawabnya: “ Ayat kursi yaitu Allah tiada Tuhan melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus-menerus mengurus makhluk-Nya”.


Ayat kursi beserta terjemahannya

Ayat Kursi dan  keagungannya




Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Hidup Kekal lagi Berdiri Sendiri. Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit  dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa seizin-Nya?  Dia mengetahui apa-apa yang ada dihadapan mereka, dan mereka tidak mengetahui  apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi (kekuasaanya)Nya meliputi langit dan bumi. Dan dia tidak berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar
— QS. al-Baqarah : 225 (ayat kursi)



Mengenai keagungan ayat kursi banyak dikemukakan dalam beberapa hadis Nabi SAW. Antara lain yang diriwayatkan dari Ubay bin Ka’b yang menjelaskan dialog antara lain diriwayatkan dari Ubay bin Ka’b yang menjelaskan dialog antara Nabi SAW dan sahabat-sahabatnya. Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah SAW pernah berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepadanya: “ Hai Abu al-Munzir ( sebutan lain Ubay bin Ka’b )tahukah engkau, ayat manakah yang paling utama diantara sekian banyak ayat yang terdapat dalam al-Qur’an yang ada padamu?

Ubay bin Ka’b menjawab: “ Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Lalu Rasulullah SAW mengulangi lagi pertanyaannya kepada sahabatnya dan Ubay pun menjawab: “ Allah tidak ada Tuhan melainkan dia yang hidup kekal lagi terus mengurus (makhluk-Nya).” Mendengar jawaban Ubay, Rasulullah SAW merasa senang sekali seraya bersabda: “Demi Allah semoga engkau dengan  ilmumu akan selalu mendapatkan kebahagian dan keharuman nama.” Bila dibandingkan dengan ayat-ayat lain, ayat kursi lebih agung karena didalamnya terdapat sejumlah nama dan sifat Allah SWT yang melebihi nama dan sifat Allah SWT di ayat lain. Seperti yang dikatakan Rasulullah SAW, Allah SWT mempunyai 99 nama yang disebut al-asma’ al-husnaa. Semuanya tercantum dalam al-Quran, namun sebutan nama dan sifat-Nya yang disebutkan dalam 1 ayat hanya ada pada ayat kursi.

Dalam hadis lain diriwayatkan Abu Bakar bin Marwadawaih, dikatakan bahwa rasulullah SAW pernah bersabda : “ Barangsiapa yang sering membaca ayat kursi pada setiap melaksanakan salat fardhu,maka baginya kelak tak akan mendapatkan rintangan bila masuk surga, kecuali maut. Walaupun para ahli hadis menganggap hadis tersebut daif (lemah), namun dapat menjadi dorongan untuk berbuat baik. Ibnu Kasi dalam kitabnya, Tafsir al-Qur’an al-‘Azim, mengatakan bahwa ayat kursi mengandung 10 kalimat yang tersimpul menjadi 1 dan dapat berfungsi jika dihayati dan direnungi oleh pembacanya.

Hubungan antara ayat kursi dan ayat sebelumnya, Allah SWT menjelaskan situasi yang terjadi pada hari kiamat sebagai hari pembalasan. Dalam ayat kursi disebutkan pula tentang tiadanya syafa’at yang akan diterima manusia kecuali orang-orang yang mendapatkan izin dari-Nya. Pada ayat sesudahnya Allah SWT menegaskan perbedaan antara dua sikap mental yang saling bertentangan, yaitu sikap percaya kepada Allah SWT sebagai sifat yang benar dan percaya  terhadap tagut sebagai sifat yang tidak terpuji dan sesat.

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget