Naskah Pidato Perpisahan Sekolah dan tips berpidatonya

I Want Happy

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah untuk ujian praktek atau berpidato didepan kelas
Harap dibaca!
Kali ini saya memposting naskah pidato singkat saya dulu saat SMP kelas 9. Teks pidato ini seingat saya mempunyai pemilihan kata yang tepat. Coba kalian perhatikan, nilai pidato saya hanya selisih kalau tidak salah 3,75 dari nilai sempurna! Setelah saya tanya sama guru saya ternyata hanya kurang adik kelas saja, jadi kalau ingin mendapat nilai yang sempurna tolong tambahkan ya. Saya tidak menambahkan karena pidato ini mengingat masa lalu saya. Ini pidato merupakan rilisan beta bukan yang saya bacakan saat praktek jadi tolong hati-hati.
Kenapa menurut saya sempurna?
Lihatlah di website lain rata-rata kata yang terhormat untuk kepala sekolah misalnya Yth. Kepala
Sekolah SMPN.... atau Yth. Bapak Kepala Sekolah SMPN.... dan Yth. Bapak Kepala SMPN... itu SALAH
Coba yang pertama Kepala Sekolah SMPN kalau kita jabarkan bagaimana? Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri, lihat! Ada dua kata “sekolah” itu bukan kalimat efektif namanya. Yang kedua Yth. Bapak Kepala Sekolah SMPN sudah tidak efektif, ada tambahan bapak (penyapa). Penyapa tidak diperbolehkan untuk jabatan dan hanya 1 orang. Yang boleh memakai kalimat penyapa ya seperti bapak ibu guru. Yang ketiga baru benar bila Bapak-Nya dihilangkan, tahu kan alasannya?
Berikutnya kesalahan naskah pidato yang sering saya lihat di website orang lain. Marilah kita PANJATKAN puji syukur, itu SALAH. Puji syukur kok dipanjat, ya kalau tangga mungkin. Yang benar marilah kita UCAPKAN puji syukur, hati-hati saja.
Yang terakhir, akhir kata saya minta maaf yang SEBESAR-BESARNYA. Wah, maaf itu besarnya sebesar apa? Gunung Jaya Wijaya? Terus kenapa harus minta? Yang benar saya mohon maaf yang SEIKHLAS-IKHLASNYA. Sekedar itu saja beberapa pendapat saya, kalau ada revisi tolong beritahu.
Ada tiga teknik membaca pidato
  •    Impromtu (serta merta)  : Metode pidato secara spontan tanpa persiapan sama sekali, tentu teknik ini tidak digunakan.
  •    Metode naskah               : Metode berpidato dengan cara menyiapkan naskah terlebih dahulu untuk  dibaca didepan umum.
  •    Metode ekstemporan   : Metode berpidato dengan dengan membawa catatan-catatan penting yang   sekaligus menjadi urutan uraiannya.
  • Metode menghafal        : Orator yang menggunakan metode ini membacakan naskah yang telah disusunnya terlebih dahulu

Ini tips dan trik dalam berpidato : berbicara dengan lantang, pandangan melihat penonton, jangan boros gerakan, misal menggerakkan jari, garuk-garuk kepala, tangan kebawah-keatas, break dance kecuali gerakan itu ada hubungannya dengan pidatonya. Tarik nafas agar relax, bagi yang menggunakan metode naskah, naskah pidato harus berada sedikit diatas lubang perut, dan jangan sampai berpindah ( baik letak naskah dan letak berdiri Anda ). Jangan menambahkan humor karena dikhawatirkan keluar dari tema pidato. Tampilkan beberapa senyuman ke penonton, misal saat memberikan pesan, atau memberikan kata bijak (untuk perpisahaan kelas ini, kalau untuk kematian seseorang, greget sekali). Jangan membaca dengan ekspresi garing. Apalagi terlalu tegas, karena terkesan garang.

Inilah Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah





Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yth. Kepala SMPN 1 Purwosari
Yang saya hormati, Bapak Ibu guru
Dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT karena berkah dan rahmatnya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.

Pada acara perpisahan ini, saya mewakili teman-teman kelas 9 SMP, menyadari bahwa kami sebagai siswa sering membuat bapak dan ibu guru kesal, marah, dan kecewa terhadap perilaku kami. Baik sengaja ataupun tidak sengaja. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya. Kami berharap bapak ibu guru dengan tulus berkenan memaafkan kami.

Pada kesempatan ini pula kami ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah mendidik dan menjaga kami sehingga kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi.
Untuk teman-teman tercinta, selama tiga tahun kita bersama, pasti sedih sekali meninggalkan sekolah tercinta ini. Saya yakin, masa SMP yang kita lalui ini  adalah masa yang tidak akan terlupakan. Tapi, perpisahan harus terjadi, SMU telah menanti. Kita harus pindah ke sekolah baru. Di sekolah baru, kita akan bertemu sesuatu yang baru, yang mungkin lebih baik dari yang telah berlalu. Tetapi ingatlah kawan, mendapatkan yang baru bukan berarti melupakan yang lama. awalnya, perpindahan memang sulit tetapi selalu ada. Saya berpesan kepada teman-teman, yakinlah bahwa ada yang lebih baik ditempat yang baru, yang kita sebut sekolah baru. Karena hidup ini adalah segalanya tentang perpindahan.

Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya. Sekali lagi, kepada Ibu kepala sekolah serta bapak dan ibu guru yang saya hormati, doakan kami agar kami sukses baik didunia dan akhirat.
Sekian dari saya, apabila ada kata yang kurang berkenan dihati hadirin, saya mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.





Tolong sampaikan pengetahuan anda dari artikel ini kepada teman-teman agar tahu kesalahan-kesalahan saat berpidato, sehingga kembali ke jalan yang lurus. Bisa dengan share artikel ini yaitu mengklik tombol share atau mouth to mouth kepada temanmu, kan kasihan kalau temanmu  tidak tahu.
Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget