Grandmaster, Bermain catur ketika mabuk?! Ini mitosnya!

Bagaimana yang akan terjadi ketika seseorang bermain catur ketika mabuk?

Akan sangat tidak dipercaya bagaimana jadinya seseorang bermain catur dalam keadaan “gentayangan” dan dibawah alam sadar akibat pengaruh obat-obatan seperti alkohol, heroin, sedatifa dll. Dan tidak dapat dipercaya lagi bahwa kejadian ini pernah terjadi oleh para Grandmaster saat dalam pertandingan. Memang lucu jadinya, tapi juga unik, bahkan beberapa partai malah dimenangkan oleh GM pemabuknya. Ada beberapa mitos dimasyarakat tentang kejadian ini. Apakah alkohol membantu, atau malah merugikan.

Sebelumnya, Tidak ada yang pernah membuktikan bahwa catur dapat ditingkatkan dengan obat iru mitos atau benar, namun FIDE telah membuang waktu dan uangnya pada tes sia-sia.Tentu saja, Anda mungkin mengatakan bahwa itu bukan masalah besar jika seorang pemain catur akan diminta untuk menyerahkan sampel urine-nya. Berita Ivanchuk yang didiskualifikasi hanya dalam waktu singkat sampai masyarakat catur dunia menjadi marah dan FIDE dipaksa untuk membalikkan keputusan. Maka sia-sialah tes urine.

GM Vassily Ivanchuk

Tidak, tidak ada zat ilegal dalam urin, ia hanya diminta untuk mengirimkan sampel segera setelah ia mengundurkan diri dari permainannya pada putaran terakhir dari Olimpiade Catur. Ia acuh tak acuh dengan permintaan FIDE, mungkin karena satu, dapat dikatakan bahwa hal itu akan lebih masuk akal untuk melakukan tes narkoba pada pemenang pertandingan, bukan pecundang.  Atau mungkin Vassily Ivanchuk lebih perhatian untuk mendinginkan sedikit pikirannya setelah ia menjabat tangan lawannya. Singkat cerita, Ivanchuk menolak untuk memberikan sampel urin dan malah jalan-jalan ke Rusia. Jadi, seperti yang Anda lihat, tes doping tidak berguna dan tidak setulus mungkin terlihat.

Anyway, mari kita melakukan beberapa penyelidikan dan menganalisis pengaruh catur dari zat yang paling populer di kalangan kedua pemain catur dan pemain non catur: alkohol.

Saya pernah mendengar (sebagian besar dari orang-orang yang benar-benar ingin minum!) Tentang banyak potensi alkohol  yang bermanfaat bagi pecatur. Diduga dapat membersihkan pikiran Anda, menenangkan saraf Anda, dan membuat Anda lebih percaya diri. Mari kita gunakan contoh kehidupan nyata untuk melihat apakah klaim tersebut benar. Sebagai subyek sangat sensitif, saya tidak akan menggunakan kasus yang saya saksikan sendiri, karena saya belum pernah melihatnya dengan mata saya sendiri. Jika saya menggunakan nama samaran "a" atau "b" bukan nama asli, itu akan menjadi seperti misterius, dan saya tidak mau menyebutkan nama asli untuk menghindari rasa malu yang tidak perlu dari pecatur terkenal. Sebaliknya saya akan menggunakan hanya kasus-kasus terkenal yang diterbitkan dan dipublikasikan ulang sampai ratusan kali.

Berikut mitosnya, silahkan disimak, mungkin saja anda akan tertawa.

1. Mitos 1 : Alkohol menenangkan saraf Anda dan membuat Anda sedikit lebih banyak santai

Mungkin benar bahwa alkohol membuat Anda santai, tapi itu hal yang baik untuk petarung tegang saat berhadapan di papan catur? Tapi kadang-kadang membuat Anda santai sedikit terlalu banyak. Dalam kasus yang dimuat di surat kabar di seluruh dunia, GM Rusia Vlad Tkachiev tertidur selama pertandingan, ia bermain di sebuah turnamen di India. Semua upaya lawannya dan wasit turnamen untuk membangunkannya sia-sia dan sebagai hasilnya, Tkachiev kalah waktu setelah hanya bergerak sepuluh langkah atau lebih. Dan jangan biarkan saya mulai membahas pada topik pecatur yang ketiduran dalam permainan ketika sedang mabuk! Putusan saya: mitos yang tertangkap basah benarnya!

2. Mitos 2 : Alkohol membersihkan pikiran Anda dan membuat Anda kreatif

Sayangnya, saya tidak memiliki banyak permainan didokumentasikan di mana seseorang pemain mabuk. Beberapa game seperti mitos apakah yang bermain memang mabuk, tapi beberapa alasan, membuktikan bahwa pecatur itu mabuk. Ambil, misalnya, permainan terkenal berikut ini, yang terjadi  oleh sang mantan juara dunia, Alexander Alekhine!

  



Berikut adalah apa yang Kasparov tulis dalam volume kedua dari pendahuluku yang hebat:Untuk waktu yang lama tanda tanya yang melekat pada langkah hitam ke 7 dan 8. Dalam novelnya, Belye I Chernye, GM Kotov mengatakan bahwa Alekhine terbukti mabuk, itu ditunjukkan bketika ia memainkan permainan sambil menulis notasi, dan setelah menulis 8 ... c6 di catatan notasinya, ia tiba-tiba mengambil pion b7. "

"Bagaimana mengerikan!" Kotov menulis dengan kalimat puitis. "Itu seperti kartu Pushkin: Bukan ace, bidak dekat ratu dengan pengawasan mentah, bahkan sudah dia awasi, ia hanya mengambil pion yang salah, ia bingung ... Dan sekarang c7 telah digadai padahal awalnya tetap dipertahankan! itu hilang tanpa kompensasi apapun Untuk mengambil bagian yang salah ini adalah delirium Alekhine si pemabuk segera meninggalkan dia ketika ia melihat apa kesalahan yang telah dibuat, Bukan hanya bahwa ia kehilangan pion!.. posisi Hitam segera menjadi putus asa. "

Ini adalah bagaimana legenda dilahirkan! Bahkan, menurut saksi mata utama, Euwe, "Alekhine tidak minum sama sekali selama paruh pertama pertandingan." Selain itu, 8 ... b5!? tidak berarti kesalahan, tetapi wahyu sejati: pada 1970-an gadai ini pengorbanan sepenuhnya benar bernama Variasi Hungaria. Secara intuitif, Alekhine benar!
Untuk cerita berdasarkan permainan nyata, membiarkan saya menggunakan anekdot yang terkenal dari partai ini. Diduga di salah satu dari banyak turnamen tim Soviet, GM Ratmir Kholmov memainkan Hitam melawan GM Kholmov sangat mabuk dan di sini adalah awal dari permainan atau mungkin komedinya: 

Dalam posisi di atas, Kholmov hampir melangkah 4 ... Nxe5??, Tapi kemudian menyadari bahwa ia akan kehilangan kudanya setelah 5.Nxe5. Jadi, dengan takjub jelas di wajahnya, Kholmov berkata keras: "Itu aneh, Aku sudah bermain Pertahanan Grunfeld seluruh hidup saya dan tidak pernah memiliki posisi yang mengerikan seperti itu setelah hanya bergerak empat langkah!"

Bagi pembaca yang belum bermain atau mengenal pembuakaan Grunfeld seluruh hidup mereka, di sini adalah bagaimana pembukaan nyata terlihat seperti :

Grünfeld Defence yang sesungguhnya


Mungkin saja GM Kholmov berpikir Rajanya adalah ratu dan ratu adalah raja, sehingga ia mengira itu pertahan Grünfeld.

3. Mitos ke-3: Alkohol membuat Anda berani dan percaya diri

Itu benar-benar benar, tetapi apakah itu benar-benar baik untuk catur? Sungguh dangkal, pertandingan berikutnya akan terlihat seperti bukti. Hitam memainkan hal yang baru dalam posisi yang sangat terkenal dan memenangkan pertandingan. Selain itu, langkah itu begitu berani, bahwa seorang pemain catur sadar bahkan tidak akan mempertimbangkannya! Yaitu hukuman untuk diri sendiri:


Seperti yang Anda bisa lihat, langkah baru  Hitam telah menempatkan dia di ambang kekalahan, namun keterampilan defensif yang unik dari GM Ratmir Kholmov (yang di masa jayanya dianggap sebagai pecatur bertahan terbaik di Dunia) menyelamatkan hari. Sayangnya, kurangnya permainan tidak memungkinkan untuk meyakinkan mitos # 2 dan # 3 benar - tapi bahkan bukti yang saya miliki menunjukkan bahwa alkohol merugikan mempengaruhi catur Anda, saya akan berterima kasih jika para pembaca mampu memberi contoh permainan yang lebih didokumentasikan di mana satu (atau keduanya pecatur!) pemain yang mabuk. Mungkin bersama-sama kita akan meyakinkan FIDE bahwa tidak ada hal seperti itu sebagai "meningkatkan kinerja obat" dalam catur dan oleh karena itu, bahwa tes doping tidak berguna dan memalukan akan dihapuskan! 
Terima kasih sudah berkunjung di website saya. Kalau artikelnya membantu tolong like dan subscribe (di pojok kanan atas dan samping terdapat beberapa ikon), kalau artikelnya kurang membantu tolong berikan saran yang baik, dilarang spam dan bertasbih kotor di website ini.

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget