Top 16 Hewan Mitologi di Belahan Dunia

Mitologi memang masih banyak diragukan adanya. Jadi, hewan mitologi dari berbagai belahan dunia ini juga masih dipertanyakan. Ada yang mengatakan benar-benar ada, misal : Kraken. Tapi tetap tidak ada bukti kuat yang menyatakan itu benar. 
Mari berfikir, Mitos dan legenda memang banyak diperdebatkan. Namun jika kita fikir lebih dalam, tidak akan ada mitos dan legenda jika awalnya memang tidak ada tanda tandanya. Namun sejauh mana informasi itu benar, tergantung pula dari seberapa akurat informasi itu sendiri disebarkan.

Berikut Binatang-binatang mitologi yang paling terkenal di dunia beserta tempat daerahnya.
1.    Kraken (Islandia dan Norwegia)
Mitologi Kraken di Norwegia dan Islandia
www.wallpaperup.com
 Makhluk mitologi laut  Islandia dan Norwegia ini berwujud monster gurita raksaksa. Mahluk ini menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulung menggunakan tentakel raksaksanya kemudian menenggelamkannya.
Kraken atau krake berarti hewan aneh atau hewan yang tidak sehat. Kraken pernah dimunculkan dalam film Pirates of the Carribbean “ dead man chest”
Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan memiliki tentakel seperti bintang laut. Bahaya terbesar dari Kraken ini ialah riak air yang dahsyat ketika ia menyelam.
Oh iya, menurut beberapa pelaut, Kraken pernah terlihat bertarung dengan seekor paus!

2.    Cerberus ( Yunani )
Cerberus ( Yunani )
www.innovateus.net
Kerberos atau Cerberus “iblis dari liang” adalah anjing raksasa pemakan daging yang menjaga pintu masuk ke Hades dan dunia Arwah.Ia merupakan Anak dari Echidna. Hewan ini digambarkan sperti anjing dengan 3 kepala yang dapat menyemburkan api. Tiap kepala mempunyai penglihatan yang berbeda;satu kepala mampu melihat masa lalu, satu kepala mampu melihat yang sedang terjadi sekarang, dan satu kepala lainnya mampu melihat masa yang akan datang, meski dari sumber lain menyebutkan ketiga kepalanya merepresentasi kan sebagai kelahiran, kehidupan, dan kematian.
Carberus merupakan hewan peliharaan Dewa Kematian Yunani, Hades. Cerberus merupakan Penjaga dunia arwah.Satu-satunya orang yang pernah mengalahkan Ceberus dengan tangan kosong adalah Heracles.

 3.    Hydra ( Yunani )

velinov.deviantart.com

 Lernaean Hydra keturunan dari Typhon dan Echidna adalah monster air yang memiliki banyak kepala dan sering meneror pengunjung di dekat danau Lerna. Beberapa sumber mengatakan awalnya kepalanya berjumlah 3, ada yang mengatakan 6 sampai 9.
Makhluk sejenis naga ini tinggal di rawa bakau dekat laut. Menurut legenda Yunani kuno gigitan Hydra itu sangat beracun, bahkan nafasnya, tidak bisa disembuhkan dan langsung melelehkan kulit.
Kepala Hydra dapat tumbuh menjadi 2 apabila salah satu kepalanya dipotong atau terpenggal. Sehingga orang yang melawan Hydra akan merasakan keputusasaan yang luar biasa (Hydra = putus asa). Tapi akhirnya Hydra dapat dibunuh oleh Hercules.

4.    Phoenix (Mesir)
Top 16 Hewan Mitologi dari Belahan Dunia
www.wallpaperzzz.com
Phoenix (Phœnix) dalam mitologi Mesir adalah burung keramat legendaris. Karakteristik burung ini ialah bulunya yang indah, berwarna terang, merah keemasan, umur Phoenix dapat mencapai 1461 atau 500 tahun. Setelah usia itu Phoenix akan mengumpulkan ranting kayu manis sebagai sarang untuk membakar dirnya dan kemudian menjadi abu. Setelah terbakar, dibalik abunya muncul lagi Phoenix muda. Siklusnya akan terus seperti itu, ia melakukan regenerasi kehidupan seperti pola lingkaran-terus menerus. Bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sosok Phoenix baru yang berbeda, mati lagi kemudian bangkit kembali. Oleh karena itulah Phoenix diibaratkan sebagai simbol keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati. Airmata Phoenix dipercaya dapat menyembuhkan luka.

5.    Chimera (Yunani)
Chimera (Yunani)
devianart.com

Puteri dari Tifon dan Ekhidna, naga raksaksa yang berkepala seratus dan ibu segala monster.
Kakak dari Hydra dan Carberus, tinggal di Lycia. Chimera terdiri dari beberapa bagian hewan, bagian atasnya singa betina, ekornya ular dan dua ruas tulang punggungnya adalah kepala kambing.Semua kepala Chimera dapat mengeluarkan api.
Sering memporak-porandakkan Lycia, memangsa sapi, membakarnya, sampai akhirnya berhasil dibunuh oleh Bellerophon bersama Pegasus.

6.    Hippogriff ( Eropa )
Top 16 Hewan Mitologi dari Belahan Dunia
Hippogriff merupakan anak persilangan dari Griffin dan kuda. Menghasilkan karakteristek setengah badan depan Griffin, dan setengah badan belakang kuda. Lebih terperici lagi kepalanya seperti rajawali, memiliki sayap dan berekor kuda. Membuatnya menjadi jauh lebih cepat, kuat, dan jinak daripada Griffin.
Dalam dongeng-dongeng eropa terdahulu sering dijadikan hewan peliharaan dan kendaraan bagi penyihir dan ksatria karena merupakan tunggangan sempurna dan dapat terbang secepat kilat.
Ada yang mengatakan wujudnya berbadan singa dan berkepala burung.

7.    Pegasus (Yunani)
Legenda Pegasus (Yunani)
www.wallhd4.com

Pegasus atau Pégasos adalah seekor kuda jantan bersayap lebar yang merupakan putra Poseidon dan Medusa. Konon Pegasus lahir dari darah Medusa saat Perseus memenggal kepalanya.
Pegasus merupakan hewan tunggangan Bellerophon. Bersama Belleophon (Bellerofon), ia berhasil mengalahkan Chimera dan bangsa amazon. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Di sinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.
Pegasus merupakan simbol penerbangan, kekuatan, inspirasi.

8.    Kirin (China)
Mitologi Kirin atau Qilin, juga dieja Kylin
powerlisting.wikia.com
Kirin atau Qilin, juga dieja Kylin, merupakan makhluk setengah naga setengah kuda. Walaupun berasal dari China namun akhirnya legenda makhluk mistis ini menyebar dan banyak muncul dalam kebudayaan Asia Timur.

Dalam mitologi China, kirin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, namun kirin bisa menjadi hewan yang buas dan mengerikan saat terancam atau bila seorang manusia menjadi pendosa. Ketika Qilin marah, bola-bola api akan menyembur dari mulutnya dan ia akan menunjukkan kemarahannya yang menakutkan.Konon kirin hanya muncul di tempat-tempat yang dikuasai oleh penguasa yang adil dan bijaksana atau di rumah yang tentram.

Karakteristik Kirin ialah makhluk penyayang dan hanya menghukum orang jahat. Saking penyayangnya, ketika ia berjalan, ia tidak akan menginjak 1 pun makhluk hidup. Elemen yang dimiliki Qillin adalah api dan petir.

9.    Aitvaras ( Liuthania )
Mitologi Aitvaras
dusanbozic.com
Aitvaras ( Liuthania )
www.yousaytoo.com


Aitvaras adalah roh rumah dalam mitologi Lithuania.  Aitvaras lahir dari telur ayam jantan. Aitvaras mempunyai banyak nama, misal;  Žaltvikšas, Sparyžius, Koklikas, Gausinėlis, Kaukas, dan Spirukas. Aitvaras terlihat seperti naga raksaksa yang menyemburkan api di luar rumah. Tetapi berubah menjadi ayam jago hitam atau putih dengan ekor api ketika berada di dalam rumah. Ia adalah pembawa keberuntungan sekaligus kesialan bagi penghuni umah yang ditempatinya. Pemiliknya akan mendapat banyak emas dan gandum, serta banyak masalah seperti kebakaran.



10.    Amarok ( Amerika Utara )

Mitologi dan penggambaran  Amarok
www.deviantart.com
Amarok (Amaroq) adalah nama seekor serigala raksasa dalam mitologi Inuit. Wujudnya berupa serigala bersayap kelelawar raksaksa serta memiliki gigi yang tajam dan ganas yang meneror kehidupan suku Inuit di Alaska. Senang menyergap dan memangsa manusia yang cukup bodoh berburu sendirian di tengah gurun. Amarok berburu secara individu. Amarok ada yang jahat adapula yang baik.








11.    Drop Bear (Australia)

Mitologi Drop Bear
Drop Bear atau beruang jatuh adalah marsupial Australia fiktif. Makhluk ini berwujud koala raksaksa pemakan daging. Mereka tinggal di puncuk pohon eucalyptus cara berburunya adalah dengan menjatuhkan badan dari pohon ke kepala korbannya untuk dimakan. Mereka dilengkapi dengan gigi tajam dan cakar.








12.    Kappa ( Jepang )

Kappa ( Jepang )

Kappa atau dipanggil dewa air merupakan makhluk mitologi agama Sinto di Jepang. Kappa terkenal selalu menempati janji dan sangat menyukai mentimun.
Dia bisa hidup di darat dan di air. Setinggi anak usia 4-5 tahun. Badannya menyerupai katak dan kura-kura. Ada piringan berisi air di kepalanya. Jika air itu kering dia bisa kehilangan kekuatannya. Dia memangsa buruannya dengan menyeretnya ke dalam air dan mengeluarkan hatinya lewat anus.
Walaupun memiliki ukuran seperti anak kecil, Kappa disebut memiliki kekuatan yang besar. Ia berani menyerang seekor kuda dan mampu menarik mangsanya yang bertubuh lebih besar ke dalam air. Menurut berbagai legenda, Kappa mendapatkan kekuatannya dengan meminum darah dan menyantap isi perut mangsanya.




13.    Kapre ( Filipina ) 

Kapre ( Filipina )
www.deviantart.com
Kapre merupakan salah satu hantu Filiphina berelemen api yang biasa tinggal mendiami pohon. Kapre adalah sosok raksaksa seperti gorilla berbulu dengan mata bersinar dan membakar cerutu diatas pohon. Warga Piliphina meyakini jika sampai larut malam masih ada anak kecil yang main di luar rumah maka dia akan menakut-nakutinya supaya mereka pulang. Setelah itu ia tertawa.
Menurut warga sekitar, tanda-tanda adanya Kapre yaitu ketika pohon bergoyang disaat tidak ada angin sama sekali. Selain itu jika ada asap samar-samar dari atas pohon besar, mungkin itu cerutu kapre.  

14.    Bassilisk (Yunani)

Penggambaran Bassilisk (Yunani)
www.worth1000.com
Makhluk legendaris kuno yang disebut Basilisk ini adalah makhluk yang ditakuti di Eropa dan Afrika Utara. Makhluk yang merupakan kombinasi dari ular, ayam, kelelawar.
Basilisk menetas dari telur ayam yang dierami katak. Berwarna hijau terang dengan panjang 15 meter. Memiliki bulu merah tua dikepalanya, bermata besar berwarna kuning yang akan membuat meninggal siapapun yang memandangnya. Bassilisk juga merupakan makhluk mitologi paling beracun di dunia.



15.    Sphinx ( Timur Tengah )
 
Mitologi Sphinx
yahoo-trendz.blogspot.sg

 Sphinx adalah anak dari Echidna dan Thypoon. Monster singa berkepala manusia ( tepatnya berkepala wanita) ini adalah makhluk kutukan dari dewa Hera untuk menjaga gerbang kota Thebes. Dia menanyakan teka-teki pada orang yang ingin masuk gerbang. Jika tidak bisa dijawab, maka dia akan memakannya. Pertanyaan yang dikeluarkan Sphinx adalah  “Apa yg berjalan dgn 4 kaki di pagi hari, 2 kaki di siang hari, dan 3 kaki di senja hari?”. Tetapi akhirnya Oedipus bisa menjawab dan Sphinx pun bunuh diri dengan terjun ke dalam jurang.
 
16.     Bunyip ( Australia ) 

Bunyip ( Australia )
 Bunyip atau Kianpraty adalah monster mitologi Aborigin yang tinggal di air ini memiliki ciri-ciri umum yaitu memiliki gading, berekor kuda dan bersirip. Seringkali keluar  pada malam hari untuk menyantap hewan dan manusia. Kemunculannya diikuti suaranya yang keras sekali.

Itulah hewan mistis - 16 binatang mitologi beserta tempatnya
Terima kasih sudah berkunjung di website saya. Kalau artikelnya membantu tolong like dan subscribe (di pojok kanan atas dan samping terdapat beberapa ikon), kalau artikelnya kurang membantu tolong berikan saran yang baik, dilarang spam dan bertasbih kotor di website ini.
Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget