Siapakah Mereka yang Berpakaian tetapi telanjang?

Akhir-akhir ini kaum wanita sudah mulai tertarik menggunakan jilbab untuk menutup aurat mereka. Ini merupakan hal yang menggembirakan, karena berarti mereka mulai memperhatikan perintah agamanya. Namun seiring itu, mulai pula bermunculan trend jilbab dengan berbagai gaya, bahkan sampai memperlihatkan lekuk tubuhnya. Memang aurat tertutup, namun lekuk tubuh tetap tergambar karena pakaian yang ketat. 

Bagaimana tanggapan  mengenai fenomena berjilbab perempuan sekarang?


Ya, memang dari satu sisi kita, muslimin dan muslimah merasa gembira mereka (yang belum) mulai pakai jilbab, diawali dari artis, mungkin niru-niru artis. Bagaimanapun kita selayaknya gembara mereka sedikit menambah menutup aurat, sekalipun itu masih belum sesuai. Tapi mudah-mudahan mereka makin banyak memakai jilbab, dan mudah-mudahan berubah kalau niatnya salah; niru artis atau karena meniru penampilan zaman sekarang. Mudah-mudahan mereka kembali kearah yang benar; niat mengamalkan syariat Islam.

Allah berfirman:

“Haruslah mereka itu mengendurkan jilbabnya sampai menutup”. QS. Al-Ahzab:59


Tinggal yang penting tokoh-tokoh itu supaya memberitahukan, terutaman mereka yang dekat, mereka yang bergaul, para kiai, ustadz-ustadzah. Di pengajian mereka yang hadir ada pria wanita. Itu yang penting. Memang bagaimanapun juga kalau pakai jilbab kemudian memakai celana ketat, itu pakai jilbabnya, ya gak salah, celana ketatnya itu yang perlu dibenarkan.

Jadi kadang wanita memakai pakaian tapi telangjang. Ini diantaranya, ya pakai pakaian yang ketat sehingga bodi tubuh itu tetap kelihatan seolah-olah mereka itu tidak berbusana. Mudah-mudahan mereka nanti sedikit berubah.

Jadi, yang dimaksud Berpakaian tetapi telanjang adalah mereka yang berpakaian tertutup tetapi sangat ketat, sehingga lekukan tubuh tetap terlihat.

Adakah standard dalam syariat Islam dalam berjilbab


Saya sendiri sebenarnya tidak tahu, entah standar bagaimana. Intinya itu adalah menutup aurat dari pandangan mata. Intinya itu sudah. Kemudian menutup aurat dari warna kulit. Tentang cara, saya sendiri tidak tahu apakah ada cara khusus. Akan tetapi yang dianjurkan yang saya tahu yang dianjurkan itu memang yang berwarna hitam, sehingga ketika Rasulullah SAW menyampaikan ayat ini ketika di Masjid Nabawi, kata Aisyah, mereka wanita Anshar itu menyobek-nyobek pakaiannya untuk menutup kepalanya dengan jilbab. Sehingga mereka itu keluar darimasjid seolah-olah dikepalanya itu ada burung gagak, warna hitam. Memang dari ini yang paling baik itu warna hitam, tetapi saya tidak tahu tentang hukumnya bagaimana. Saya kira masalah warna tidak harus hitam, tapi mungkin saja itu yang lebih baik.

Bersyukurlah mereka yang sudah memakai jilbab. Mereka sudah memberanikan diri untuk mengamalkan syariat  Islam. Kemudian yang masih belum betul, mudah-mudahan mereka berusaha untuk mengikuti yang betul. Yang perlu diketahui, bahwa mereka itu memakai yang seperti itu sama sekali tidak mengurangi kecantikannya, justru makin terlihat cantik , makin terlihat rapi dan makin terlihat menarik. Kemudian orang laki-laki bisa menilai mereka sebagai wanita yang baik-baik, akhlaknya mulia, dan sebagainya. Jadi sama sekali tidak ada kerugiannya disini.

Yang terpenting, tokoh-tokoh yang bergaul dengan mereka memberitahukan, berterimakasih pada mereka, kemudian supaya diluruskan dengan cara yang halus. Insya Allah dengan demikian mereka akan menerima, mereka akan senang dengan nasihat-nasihat itu. Karena itu mungkin mereka itu tidak tahu menahu, sehingga diberitahukan mereka akan menerima, ya tentu caranya dengan baik. Tapi, kalau ada tokoh yang pikirannya liberal, ini yang repot. Sekarang ini pemikiran liberal sudah masuk ke Indonesia dan berkeliaran dimana-mana dengan pengaruhnya yang besar. Liberal itu tidak masuk aliran, sehingga mereka biasa-biasa saja. Berbeda kalau orang itu bertemu dengan aliran ini, atau aliran lain. 

Logo (tolak) jaringan Islam Liberal



Liberal itu tidak masuk aliran dan yang liberal bukan hanya yang masuk JIL. Kadang orang tidak masuk JIL, tetapi pemikirannya lebih liberal. Liberal itu urusan pemikiran, dan orang tidak merasa kalau dirinya sudah liberal. Mudah-mudahan para tokoh diberi taufik dan hidayah olhe Allah sehingga ilmunya tidak kecampuran macam-macam, dan mereka bisa menjadi contoh di masyarakat.

cara, tips berbusana yang benar menurut Islam, fenomena jilbab yang sekarang dilakukan oleh perempuan.
Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget