14 Blunder terburuk di kejuaraan dunia catur!


14 Blunder terburuk di kejuaraan dunia catur!Magnus Carlsen berhasil memenangkan turnamen kejuaraan dunia di Sochi. Namun dibalik dwitanding Magnus Carlsen melawan Vishy Anand, pertandingan mereka sempat menggemparkan dunia, partai mereka yang keenam digadang-gadang merupakan blunder terbesar sepanjang masa , tentu saja blunder kejuaraan dunia...




Tapi.. Benarkah demikian? Apakah teman-teman punya pemikiran sama? Menurutku blunder tersebut akan masuk dalam 10 besar.  



Blunder dalam catur merupakan kesalahan langkah saat menggerakkan buah catur, alasannya adalah langkah itu merupakan langkah sia-sia belaka.


Nah, kali ini bat, sobat, saya akan sharing 14 Kesalahan langkah terburuk saat perebutan kejuaraan dunia.

Tapi sebelumnya tolong diingat. ini bukan karya ilmiah, ini sekedar pendapat, pendapat tiap orang bisa berbeda-beda.jadi, daftar blunder diatas bisa benar-benar berbeda.


Saya menggunakan dua kriteria utama untuk distiguish blunder dari hanya kesalahan besar:



1. Alasan maupun sanggahan dari blunder tersebut harus sederhana. Jika untuk membuktikan bahwa blunder memang kesalahan kita perlu menghitung variasi sepanjang 10 langkah kedepan, maka itu bukan blunder menurut saya. Ini hanya salah perhitungan.

2. Posisi yang dihasilkan dari blunder harus jelas. Dengan kata lain, jika Anda menunjukkan seluruh urutan langkah setelah blunder untuk pemain catur yang benar-benar amatir ditanya  dan dia tidak memiliki petunjuk mengapa Anda menyebutnya blunder, maka tidak blunder! Simplenya kondisi sang pelaku setelah blunder jelas-jelas buruk kalau dianalisis.

Masih kurang jelas? berikut ini penjelasannya, silahkan kerjakan problem dibawah ini!


Problem diatas diambil antara pertandingan kasparov melawan anatoly karpov. Apakah problem ini mudah menurutmu? Berarti kemampuan catur agan-agan lebih baik daripada Anatoly Karpov.

Seperti yang jenengan lihat, Anatoly Karpov melewatkan jalan memaksa untuk memenangkan permainan, dan seluruh pertandingan!!Kalau dia menemukan urutan langkah yang benar, sejarah catur akan benar-benar berbeda.

Tetapi bagi saya game ini tidak memenuhi kriteria ke 1 untuk disebut blunder, jadi saya menyebutnya miskalkulasi. Sebuah salah perhitungan besar dengan konsekuensi yang sangat besar, namun masih hanya salah perhitungan.

Sekarang mari kita lihat permainan para titans yang sama :



 yang diatas itu cuman evaluasi akhirnya, analisa sesudah pertandingan yang sudah jelas siapa yang unggul, karpov, tetapi kalau a5?? diganti dengan Bc5! yang unggul malah Kasparov.  tapi kalau yang dibawah ini.. baru aslinya. seperti inilah kondisi akhir permainan.

Kejuaraan dunia Garik Kasparov vs Anatoly Karpov


 walaupun langkah a5 merupakan langkah amat buruk, namun tidak memenuhi syarat kedua. kondisi Kasparov tidak terlalu terjepit.

Oke langsung saja berikut sejarah terburuk blunder kejuaraan dunia catur

14. Tigran Vartanovich Petrosian vs. Boris Spassky




So Terus, bagaimana mungkin GM Tigran Petrosian tidak menemukan langkahnya,padahal ia mendapat julukan sang ahli taktik, Hal ini menyebabkan masalah yang parah, yaitu draw!


13. Mikhail Botvinnik vs. David Bronstein 


Sebelumnya Petrosian tidak bisa melankukan pertukaran ekstra, Sekarang ia dapat. Namun lucunya, walaupun berhasil memperoleh kualitas David Bronstein gagal memperoleh kekalahan, sudah pasti David puas, sebuah sitkom yang error!

12. Garry Kasparov Vs Anatoly Karpov





Seminggu ke depan saya akan Posting lagi, jadi, harap sabar ya...

Post a Comment

gk begitu mudeng ama itu permainan catur :D, makasih gan infonya ;D

Poker Online
Agen Poker Online
Poker Online Indonesia

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget