Carlsen Kalahkan Anand Vishy di kejuaraan dunia 2014

GrandMaster Magnus Carlsen menang, ia kembali mempertahankan gelar Juara Dunia Catur November 2014 lalu.

Anand Vs Magnus Carlsen Kejuaraan Dunia 2014

Lokasi World Championship, Sochi, Rusia

Ronde 1: Pertarungan Dimulai

Pertandingan pertama dimulai dengan Viswhanatan Anand sebagai putih. Pembukaan yang dimainkan adalah Grünfeld, 5.Bd2 variation. Pertama, sang penantang, Anand unggul inisiatif, tapi Carlsen dengan cermat terlihat sedikit lebih baik. Namun, Anand yang salah mengkalkulasi, membuatnya bermain bertahan. Namun akhirnya, permainan berakhir imbang.

Ronde 2: Kemenangan Pertama Magnus Carlsen di kejuaraan dunia ini

Di babak kedua, Magnus berhasil mengalahkan Anand dalam pembukaan penuh komplikasi, Ruy Lopez. Dalam varian berlin, dengan tenangnya Carlsen menyergap raja musuhnya, dan Anand hanya mampu melakukan langkah penuh konsekuensi untuk memperbaiki pertahanan, di tengah perjalanan, si India melakukan blunder besar di langkah 35 (h5??).


Babak ini juga dihadiri oleh mantan juara dunia, Boris Spassky, yang juga ikut mengomentari jalannya permainan, serta hal pribadinya dengan beberapa anekdot.


Di Babak ini Carlsen memimpin dengan skor 2.5-0.5

Round 3 kekalahan pertama Magnus Carlsen

 Viswanathan Anand mengalahkan Magnus Carlsen pada game ketiga pertandingan kejuaraan dunia di Sochi, Rusia. Ia Berhasil menyamakan skor 1.5-1.5
Sebagi pemain hitam kedua kalinya, Carlsen beralih pembukaan ke Gambit Ratu Ditolak, tetapi Anand telah menyiapkan gebrakan dalam dan tajam di mana Putih menguasai petak c7 lebih dini pada langkah 14. Tekanan Putih menjadi lebih besar dan lebih besar, Carlsen mendapat masalah waktu dan dia tak bisa menyelamatkan diri.

Disaat Konverensi Press Magnus benar-benar down,

"Itu adalah pilihan pembukaan yang buruk . Dia (Anand) sangat baik persiapannya dan bermain sangat baik sejak saat itu. Saya tidak tahu, saya bisa melakukannya lebih baiktapi itu sulit... Saya mencoba untuk bertahan, aku melihat posisi ini dari jauh, hal ini dengan Qb6. Saya pikir posisi sedikit lebih buruk tapi aku harus bisa menetralisir itu. "


Di Pertandingan keempat dan kelima berakhir imbang.

Ronde Ke 6: Pertandingan dengan 2 Blunder besar

Pertandingan dramatis ini memang dimenangkan Carlsen, namun disaat itu ia melakukan blunder besar, tetapi Anand tidak  melihat langkah menghukumnya. Hal itu cukup aneh dilihat dari kelas pertandingan yang mereka jalankan adalah perebutan gelar juara dunia.

Ronde ke 7: Draw terpanjang kedua dalam sejarah kejuaraan dunia Catur

Anand berhasil mewujudkan draw, ketika akhir pertandingan hanya tersisa Benteng+Kuda vs Benteng, Carlsen berupaya membuat keajaiban untuk memenangkan round ini (seperti halnya saat ia melawan GM Erwin L'Ami. Kesepakatan draw terjadi pada langkah ke 122 hampir mendekati rekor Garry Kasparov vs Kramnik yang draw pada langkah ke 124





 Ronde 11: Kemenangan penentu Carlsen dalam mempertahankan tittlenya


Dalam tiga ronde sebelumnya yang berakhir remis. Dan pada babak ke 11 ini, keunggulan berubah drastis
Carlsen Kalahkan Anand Vishy di kejuaraan dunia 2014
Carlsen setelah mempertahankan tittlenya

"Secara umum saya percaya pada materi, jadi saya ingin meraih hal itu." kata Carlsen tentang saat ia menerima tawaran itu. "Saya cukup senang ketika ia membuat langkah itu. Saya berpikir bahwa dia tidak akan memiliki cukup kompensasi."

Anand mengakui bahwa ia tidak dapat menahan kegugupannya waktu  dalam pertandingan. "Kepercayaan saya serasa retak," katanya. "Saya pikir [Carlsen] lebih stabil secara keseluruhan."

Sebelumnya, Anand memiliki keuntungan setelah terbukanya garis-b.

"Hari ini adalah perjuangan yang nyata," kata Carlsen sesudah pertandingan.

Dia mengkritik gerakannya ke 18-23, yang memungkinkan Hitam untuk mengkoordinasikan pion menakutkan di sayapmenteri itu: ". Saya sangat senang dengan cara saya mengendalikan diri bersamaan setelah itu"

Permainan ini jauh lebih rumit dari sebelumnya. Dimana mereka melakukan draw cepat dengan pembukaan sama.



"Itu adalah posisi yang sangat tegang. Ketika aku melihat gebrakan b5, saya mengerti bahwa jika ia tidak mengambil, posisi tetap sangat ketat," kata Anand.

Alih-alih menempati b5, cara lain untuk bermain yaitu dengan menukar gajahnya dengan kuda Putih.

Sebenarnya komputer mengkritik langkah 27 ... RB4, apa yang sedang Anand pertimbangkan? Dia juga tampak  satu persegi lebih jauh dengan 27 ... RB3.

Dia kemudian menganalisis 28. Rb1 Rab8 29. Rxb3 Rxb3 30. Bxa5 Ra3 31. Bc7 Rxa4, "dan saya dievaluasi ini sebagai sama ... Saya tidak bisa mengatakan mengapa saya tiba-tiba memutuskan untuk melakukan pertukaran ... Itu taruhan buruk dan saya kena hukum. "

Setelah gambit yang tak terduga itu, Tim Carlsen mulai semakin bersemangat. Setiap orang, yaitu, kecuali ayah dan manajer Carlsen.

Kiri - Henrick Carlsen (ayah magnus carlsen) dan FM Espen Agstein (manajer Magnus)
inilah momen-momen pernyataan ayah Magnus, setelah mengetahui anaknya sebagai pemain catur terbaik belum berakhir.

Kedua pemain berdiskusi singkat di atas panggung tentang permainannya. Mereka sebagian besar berbicara tentang variasi seperti yang di atas. Carlsen mengatakan tanpa 27 ... RB4 Hitam harusnya "baik-baik saja."

Dia juga sangat menyukai idenya mundur 29. Nh5, diikuti dengan memajukan bidak-f sejak terkurungnya gajah hitam di e6 dalam kondisi pasif.

"Akhirnya saya menangani komplikasi yang lebih baik dari dia dan memperoleh keunggulan," kata Carlsen. Selama konferensi pers ia tampak memiliki 'mulut kering' (mungkin karena takut kalah dalam pertandingan, padahal posisi sudah unggul) dan berjuang untuk mengeluarkan kata-kata dari mulutnya.

Magnus juga sempat update status twitternya setelah pertandingan mempertahankan gelarnya


Anda bisa membandingkannya dengan video dibawah

Magnus berkata "2 down, 5 to go,". persis seperti 7 kesuksesan saya saat pertandingan kejuaraan dunia (6.5). Semoga dia beruntung!


Skor Akhir pertandingan kejuaraan dunia Catur 2014 di Sochi 

Score |  Carlsen-Anand 2014 | 

 

# Name Rtg Perf G01 G02 G03 G04 G05 G06 G07 G08 G09 G10 G11 G12 Pts
1 Carlsen 2863 2832 ½ 1 0 ½ ½ 1 ½ ½ ½ ½ 1 6.5/11
2 Anand 2792 2798 ½ 0 1 ½ ½ 0 ½ ½ ½ ½ 0 4.5/11



Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget