Atasi MsoNormal dan Tips menulis artikel di Ms. Word yang Benar dan Aman

Cara aman menulis artikel di Ms. Word nan SEO

How to Remove MsoNormal

Nah, pernah dengar isu bahwa menulis artikel di microsoft word sangat berbahaya bagi artikel yang akan di publish di suatu blog. Dan sangat diwajibkan untuk menulis artikel langsung di blogger maupun di worpress. Memang betul ya?

Hal itu benar tetapi tidak sepenuhnya. Mengapa? Sebenarnya sah-sah saja menulis artikel di ms word, terlebih lagi kalau memang yang hendak kita posting merupakan long post. Karena tidak mungkin kita terus menulis di blog mengingat keterbatasan kuota.

Nah tidak sahnya adalah apabila kita langsung selesai menulis artikel blog tuh langsung di copy lalu paste ke post blog lalu tekan publish.
Tahukan mengapa?

Hampir kebanyakan blogger pernah kebingungan dan pernah dengar tentang Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE ya kan?

Sekedar info, salah satu penyebabnya adalah kita langsung menyalin tulisan di word. Mengapa tidak boleh menyalin artikel di microsoft word? Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa mencopas dokumen ms word ke blogger bisa berakibat fatal.
  1. Format html microsoft word berbeda dengan world wide web

Penyebab utamanya adalah karena format html microsoft, atau sering disebut tag format Mso. Tag format Mso yang ada pada dokumen HTML ini memiliki ukuran html yang lebih besar dan sulit dibaca untuk WWW. Bahkan, walaupun kita mencoba untuk menyimpannya (save as) menjadi Html, filtered, Hanya menghilangkan tidak semua tag MSO secara keseluruhan.

Bingung maksud saya, oke, lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya


Nah dilihat ternyata lebih banyak html ms.word yang sangat tidak perlu dibandingkan menulis di bloggerkan? Terutama Tag MSO hal itulah yang menyebabkan loading blog kita menjadi lemot. Coba lihat deh, salah satu masalahnya adalah adanya tulisan MsoNormal itu, kalau kita tidak segera memperbaiki MsoNormal ini, wah, banyak-banyakin tempat.

How to Remove MsoNormal

Selain itu diawal kita melihat banyak sekali kode panjang mulai dari “<!--[if gte mso 9]><xml>” sampai “</style> <![endif]-->”. Kode panjang itulah penyebab snippet post kita ketika muncul di homepage atau share muncul tulisan Normal 0 false false IN. Karena memang formatnya sudah beda

Seperti apa struktur kode HTML microsoft

Microsoft word mempunyai kode dengan tag standar pada umumnya. Dimulai pada kode <html> diawal dan diakhir kode, <head> untuk heading: termasuk meta dan style tag, dan <body> untuk isi. Hampir mirip seperti template blog. Tag <style> berisi bagaimana teks tersebut ditampilkan di halaman dokumen (tempat dimana kita mengetik di microsoft word alias sheet). Nah di tag <style> ini berisi kode spesifik milik microsoft, termasuk MsoNormal dan <!--[if gte mso 9]><xml>.
Walau sama, struktur kode HTML pada microsoft mempunyai standar HTML yang berbeda dengan standar yang diperuntukan oleh World Wide Web Consortium, standar untuk internet. Makanya non-Microsoft dan beberapa browser (selain milik microsoft sendiri ea. Internet Explorer) kesulitan menafsirkan kode-kode di Microsoft. Namun, walau kesulitan kode ini masih bisa dibuka di halaman web.

2. Font Microsoft Word lebih bervariasi

Hampir sebagian besar font di Ms. Word jarang muncul di HTML standar halaman web.
Nah setelah sedikit memahami permasalahannya sekarang kita langsung saja mengatasi permasalahannya. Sebenarnya cukup simple dan caranya lumayan bervariasi

PS. Cara ini juga sangat jitu untuk meringankan dan membersihkan kode html yang berarti mempercepat loading blog kita.

Tips Wajib!

Untuk menulis artikel usahakan jangan memilih blank page, namun pilihlah blog post. Caranya cukup mudah, File --> New --> Blog post dan ketika mensave dokumenmu pastikan save as Filtered HTML, bukan docx.

Mengkonversi Dokumen Word menjadi HTML yang jernih menggunakan html-cleaner.com

  • Menghilangkan MsoNormal secara online - Buka situs html-cleaner.com
  • Klik file kemudian pilih new document atau keyboard shortcut ctrl+n
  • Buka dokumen ms.word mu, salin semua tulisan
  • Pastekan kontenmu ke sheet pertama, sheet yang kiri
  • Kamu bisa mengkustom sendiri style dokumenmu karena di sekitar top menu terdapat banyak sekali fitur edit. Kamu bisa juga bisa lewati cara ke-5 ini
  • Kemudian klik clean html di pojok bawah
  • Setelah selesai buka post baru di blogger.com. Pindahkan ke format HTML
  • Salin sheet ke dua lalu pastekan deh ke blogger
  • Selesai
Sheet kiri tempat paste, sheet kanan hasil edit

Menggunakan Word Cleaner Software HTML Cleaner

Yang ini merupakan software yang mengkonversi dokumen apapun seperti wordpad dan excel menjadi bentuk html versi www tanpa mengganggu gambar. Tetapi software ini berbayar.
  • Jalankan software Word Cleaner, pilih add files
  • Di bawah Icon add files terdapat tab panjang, ganti menjadi convert to html
  • Click Button convert all
  • Tunggu sampai muncul centang hijau yang berarti konversi word ke html telah selesai

Menggunakan w3c validator

W3C merupakan situs popular yang ternyata selain memperbaiki kesalahan HTML pada template blog juga bisa memperbaiki format doc maupun docx sehingga easy-read blog.
  • Menghilangkan tulisan error di blog karena menggunakan ms word menggunakan w3c. Kunjungi situs w3c validator
  • Pilih opsi Validate by File Upload, klik dua kali html file yang ingin kau bersihkan
  • Klik Show Source dan cek Clean up Markup with HTML Tidy. Klik button Check untuk menghilangkan tags MSO yang menempel pada file.
  • Di paling bawah page, ada cleaned up HTML code, highlight opsi tersebut
  • Copy, paste kode yang muncul ke post blogger, tapi jangan lupa pindahkan ke format HTML
Cukup sekian tips memperingan html konten dan sedikit penjelasan tentang Mso Class  dan cara mengatasinya diatas, semoga membantu.
source e-how

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget