Pemahaman dan Fungsi Flat Color pada Flat Design untuk Desainer



Flat Design Guide: Flat Colors

Desain grafik dan digital sekarang mulai berkembang dan memunculkan trendnya sendiri, dan diantara desain yang paling popular adalah “Flat”. Lama-kelamaan, penggunaan nama flat merambah ke lebih spesifik lagi yaitu pada warna, yang sekarang kita sebut dengan 'flat color'. 

Definisi tentang Flat Color, masih menjadi pembicaraan desainer masa kini, karena pemahamannya masih belum pasti. 

Tetapi saya, dan semua desainer pasti menganggap ‘Flat Color’ adalah warna solid yang memblok sebuah bidang tanpa mengandung pattern, tekstur, ataupun fitur lain yang mempengaruhi kedalaman warna. Maksudnya adalah desain flat color hanya dominan satu warna pada suatu unsur bidang. Flat Color dapat mengandung pembayangan (shading), cemerlang atau kusam, asalkan tujuannya untuk  memperjelas nada warna yang secara solid memblok bidang.

Seperti yang bisa Anda lihat pada tampilan front-end situs ini


Flat, atau Solid Color berbeda dengan dengan pencampuran warna (contone color) yang artinya mencapurkan warna satu dengan warna lain, tetapi tidak terlihat pemisahan divisi pada tiap warna (tumpang tindih).

Contoh Desain yang menggunakan Flat Color


Biar lebih paham, mari mulai dari contoh karya seni yang menggunakan contone color, seperti foto, coba kalian perbesar foto tersebut, perhatikan pixel pada bagian warna, maka akan terlihat beberapa warna saling tumpang tindih.

Untuk desain flat sendiri, di zoom berapa kalipun hanya akan terlihat satu warna saja. Contohnya bisa dilihat dari desain interior maupun eksterior, misalnya: Cat

Yap, jenis warna yang digunakan dalam pengecatan rumah adalah warna flat, bahkan asal usulnya warna flat berasal dari sini.


Awal Mula Flat Color


Flat color sendiri ditujukan oleh pilihan warna cat yang dipilih oleh desainer untuk dinding rumah. Yang memberikan kesan yang realistis terhadap tembok. Jadi, warna ‘flat’ mengacu pada dinding yang ‘datar’ pada bangunan.


Tujuan dari Flat Color dalam dunia desainer


Di era modern ini, pilihan flat color sebagai warna baku tidak hanya digunakan dalam tembok lagi, melainkan tampilan muka sebuah situs, aplikasi android, bahkan windows 8 hingga 10 pun sekarang menggunakan ‘flat design’.

Hal ini bertujuan untuk membantu memberikan kesan sederhana dan minimalis.


Warna apa saja yang dapat dikategorikan dalam flat design?


Warna apapun, asalkan itu memblok satu bidang, tetapi dalam dunia desain, kebanyakan desainer memilih warna tegas ataupun terang dan warna yang memberikan kesan ‘baru’* bila dipandang. Kesan ‘baru’ maksudnya adalah warna tersebut seolah-olah baru muncul pertama kali dilihat mata sehingga terlihat sangat indah dan nyaman pada mata. Tentu saja jangan lupakan kesan minimalis dan ‘clean’ karena inilah tujuan utama ‘flat’.

*tips untuk memilih warna dengan kesan baru: jangan memilih warna high-contrast


Tetapi perlu diingat, pilihan warna pada ‘flat design’ jatuh pada pilihan desainer sendiri, dan tentunya punya maksud yang ingin ‘dihidupkan’.

Misalnya logo pada McDonald, lebih memilih warna merah pada backgroundnya karena merah melambangkan rasa agresif. Jadi, memberikan emosi lapar.

Flat Color itu tidak memberikan kesan real



Beberapa beranggapan bahwa ‘flat’ itu buruk karena hanya terdiri dari satu warna pada satu bidang, sehingga pengguna akan bingung akan fungsi bidang tersebut. Hal ini memang sering terjadi, tetapi anggapan saya, itu terjadi karena 2 hal, kemampuan desainer membentuk tampilan antar-muka ‘flat’ yang user-friendly, dan pengalaman pengguna yang masih baru belajar teknologi. 

Justru desain flat merupakan generasi baru tampilan tiga dimensi yang lebih canggih daripada desain real-life. Seperti penggunaan click-button pada web-designer, agar terlihat seperti click button, biasanya dipilih warna yang kontras serta efek bayangan pada tepi garis, sehingga menarik perhatian user. Selain itu, kita bisa menambahkan informasi dengan menambahkan Icon ataupun tulisan di dalam button.


Contoh Warna Flat


Berikut ini contoh warna yang menerapkan unsur flat

 

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget