Mengapa Kucing mendatangi manusia ketika dipanggil "Pus"

Mengapa Kucing menoleh dan mendatangi manusia atau pemiliknya ketika dipanggil "Pus"

Ekspresi Lucu KucingKucing (Felis silvestris catus) adalah salah satu hewan  karnivora yang manja. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.
Kucing memang merupakan hewan peliharaan yang setia tetapi juga "manja", dan sangat suka dengan makanan. Beberapa kucing hidup berdampingan (kira-kira 5000 tahun lamanya) dengan manusia. Ada yang mengatakan kucing sudah berdampingan dengan manusia sejak kerajaan Mesir berdiri, tetapi ada pula yang mengatakan kucing sudah berdampingan dengan manusia 5.300 tahun lalu di sebuah desa di Cina.

Pendapat Saya tentang kata “Pus”

Asal Mula “Pus”

Kebanyakan orang akan memanggil kucing dengan panggilan 'Pus', terus mengapa? 

“Pus” bahasanya lembut, singkat, dan merdu di telinga kucing. Konon manusia sering  memanggil kucing dengan menyeru “Pus” tujuannya agar si kucing itu mendekatinya. Terus, mengapa kucing itu mau mendekati manusia?

‘Pus’ berarti Makan

Manusia sering memberikan makanan kepada kucing. Dan memanggil kucing itu dengan nama “Pus” karena bahasanya lembut, singkat dan padat. Sebenarnya kucing itu tidak tahu apa arti “Pus”, namanya kah? Atau apa? Yang kucing itu tahu ya cuman makanan saja. Nah, tiap hari kucing itu dipanggil  dengan nama “Pus” dan diberi makan, lama-lama kucing itu akan mengira arti “Pus” adalah makanan.
Makan adalah kesenangan bagi kucing. Oleh karena itu, dengan memanggil 'pus' maka kucing akan merasa senang dan berharap akan realisasi dari rasa senangnya tersebut yaitu makan. Jadi, kucing yang datang ketika dipanggil 'pus' itu adalah kebiasaan.

Andaikan kucing sejak kecil sampai dewasa dipanggil 'puci' ketika hendak makan, sangat besar kemungkinannya kucing akan datang ketika dipanggil 'puci' meskipun tidak ada makanan.
Tidak heran, kalau ada kucing rumahan yang tidak menengok atau datang jika dipanggil dengan namanya, atau kata “Pus”. Karena kucing tersebut biasa diberikan makanan begitu saja tanpa ada suara, perintah, atau komando khusus seperti 'Pus'

Ekspresi Lucu Kucing

Oleh karena itu, bagi orang yang memelihara kucing, ingin sekali kucing itu datang ketika disebut namanya. Maka biasakan memanggil kucing itu dengan namanya saat hendak diberi makan.
Kalau sudah terbiasa datang ketika dipanggil, maka coba tanpa makanan. Jika kucing datang, maka elus-eluslah dia supaya dia tetap merasa senang dan disayangi.
Kalau alasan kucing menoleh ketika dipanggil “Pus”, ya gak salah tapi belum benar. Tidak perlu berkata “Pus”, coba “Dhuarrr”, pasti kucing itu akan menoleh sambil lari sekencang kilat.

Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget