Pembagian tanda-tanda kiamat berdasarkan kronologi

Para ulama berbeda pendapat tentang pembagian macam-macam tanda kiamat. secara umum, mereka membaginya dalam dua macam: kiamat sugra (kiamat kecil) dan kiamat kubra (kiamat besar). Namun mereka berbeda pendapat dalam menentukan manakah tanda-tanda kiamat kecil dan manakah tanda-tanda kiamat besar?

Diantara mereka ada yang mendefinisikan tanda-tanda kiamat besar adalah semua tanda-tanda yang disebutkan oleh Rasulullah didalam hadits berikut ini:

Pembagian tanda-tanda kiamat berdasarkan kronologi


Diriwayatkan dari Hudzaifah bin Usaid Al Ghifari. Ia berkata Rasulullah SAW pernah muncul dihadapan kami ketika kami sedang berbincang-bincang.”  Lalu beliau bertanya, “Apakah yang sedang kalian bicarakan?” Mereka menjawab, “Kami sedang membicarakan hari kiamat.”. maka beliau bersabda: “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan datang sehingga kalian melihat  sepuluh tanda sebelumnya. Kemudian beliau menyebut asap, Dajjal, binatang (yang keluar dari perut bumi), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj wa Ma’juj, tiga gempa bumi,yaitu di timu, barat dan di jazirah arab, yang terakhir ialah keluanya api dari Yaman yang menggiing manusia ke tempat berkumpulnya mereka. (HR. Muslim, kitabul Fitan wa Asyratis Sa’ah : 18 : 27-28)

Hadits yang semisal juga diriwayatkan kembali oleh Imam Muslim dalam shahihnya :
Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi hingga terjadi sepuluh tanda, yaitu : gempa bumi di timur, di barat dan di jazirah Arab, asap, Dajjal, binatang (yang keluar dari perut bumi), Ya’juj wa Ma’juj, terbitnya matahari  dari barat dan api yang keluar dari lembah ‘Adn yang menggiring manusia. Dan dalam sebuah riwayat disebutjkan : “Dan yang kesepuluh ialah turunnya Isa bin Maryam. (HR. Muslim)
Dengan demikian, mereka hanya memasullan 10 tanda ini saja yang termasuk tanda-tanda kiamat besar, sedang yang lainnya , meskipun peristiwanya terjadi beriringan dengan tanda-tanda tersebut, tetap dimasukkan dalam tanda-tanda kiamat kecil. Di tempat lain ada yang membaginya dalam empat kelompok :
   1.       Tanda-tanda kiamat yang telah muncul pada awal abad-abad pertama Islam.
   2.       Tanda-tanda kiamat yang telah muncul pada abad berikutnya hingga sekarang ini,
   3.       Munculnya Al-Mahdi[1]
   4.       Tanda-tanda kiamat yang muncul setelah kedatangan Al-Mahdi, termasuk semua tanda-tanda kiamat yang tidak disebutkan dalam hadits diatas, namun kejadiannya masuk dalam rangkaian tanda-tanda kiamat besar.

Sebagian lainnya membagi menjadi  3

1.       Tanda-tanda kiamat kecil yang sudah terjadi
2.       Tanda-tanda kiamat kecil yang sudah terjadi dan terus berlangsung
3.       Tanda-tanda kiamat besar yang belum terjadi
Pada prinsipnya perbedaan itu hanya pada istilah dan kebiasaan, atau perbedaan sudut pandang. 


[1] Sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Muslim diatas, bahwa Rasulullah tidak memasukkan munculnya Al Mahdi sebagai tanda-tanda kiamat besar. Sehingga ia dimasukkan dalam pemisah antara tanda-tanda kiamat sugra dan kiamat kubra.
Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget