10 Kota Wisata Catur di Dunia - Destinasi kota untuk para pecatur, Event catur sering diadakan disini!

Tahukah kamu kalau catur dalam sejarahnya dimulai dari 600 SM, dengan banyak momen penting selama kurun waktu 1500 tahun.
Sekarang, hampir setengah miliar orang bermain catur setiap harinya di setiap negara di seluruh dunia.
 Sekarang, sudah banyak fitur yang tersedia bagi para pecatur di setiap kota, jadi tidak diragukan lagi bahwa ada beberapa kota catur yang sangat baik di dunia. Tapi kota mana yang terbaik dan menarik? Sebelumnya kan, kita pernah membahas tempat teraneh untuk bermain catur,

Berikut hasil dari reporter wartawan Peter Doggers dan IM Daniel Rensch, berdasarkan pertimbangan dari kebudayaan catur, event, sejarah, fasilitas, dan pemain terkenal berikut kota catur terbaik di dunia.

10. Havana, Kuba

 

Kuba telah menjadi kota gila catur  sejak munculnya sang legendaris José Raúl Capablanca, juara dunia dari Havana sendiri. Capablanca, lahir pada tahun 1888, adalah juara dunia 1921-1927, dan banyak penggemar catur menganggapnyasebagai pecatur terbesar sepanjang masa.

Havana adalah kota besar dengan penduduk kurang kebih 2,1 juta jiwa, dan kebudayaan caturnya yang lebih tenar dari sekedar Capablanca saja. Havana Chess Club didirikan pada tahun 1885, tiga tahun sebelum Capablanca lahir. Kota ini juga menjadi tuan rumah Olimpiade Catur ke-17 pada tahun 1966, dimenangkan oleh tim super Uni Soviet Petrosian, Spassky, Tal, Stein, Korchnoi, dan Polugaevsky.

Tentu saja, pertandingan catur yang paling terkenal di Havana adalah Capablanca Memorial Tournament, yang telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1962. Selama bertahun-tahun, turnamen ini merupakan pertandingan catur dengan bayaran tertinggi. Dulu Bobby Fischer terkenal finish kedua tahun 1965 di turnamen ini, setelah bermain dengan Telex dari New York. Turnamen ini akhirnnya dimenangkan oleh GM Wesley So dari Filipina.

9. St. Petersburg, Rusia

 
Rusia merupakan negara dengan obsesi catur terbesar didunia, dan St Petersburg sendiri adalah kota terbesar kedua di negara tersebut. Dengan hampir 5 juta penduduk, St. Petersburg adalah rumah bagi pemain catur yang tak terhitung jumlahnya dan banyak grandmaster.

Bahkan, beberapa sejarawan catur menganggap judul "grandmaster" telah membuat pengenalan formal setelah 1914  turnamen
catur St Petersburg yang terkenal, di mana Kaisar Rusia Tsar Nicholas II dianugerahi gelar kepada lima pemain: Emanuel Lasker, José Raúl Capablanca, Alexander Alekhine , Siegbert Tarrasch, dan Frank Marshall.

8. Tromsø, Norwegia

 

 Tromsø merupakan kota terkecil di daftar ini, dengan penduduk hanya 72.000. Kota ini, bagaimanapun, yang terbesar di utara Norwegia, dan kota terbesar kedua di utara Lingkaran Arktik, trailing hanya Murmansk, Rusia.
 
Tromsø adalah pemain yang cukup baru di panggung kota catur internasional, tetapi telah menjadi tuan rumah dari dua peristiwa sangat penting
baru-baru ini . Pada tahun 2013, kota ini menjadi tuan rumah Piala Dunia FIDE 2013, yang dimenangkan oleh GM Vladimir Kramnik.

Tentu saja, Tromsø juga saat ini menjadi salah satu tuan rumah Olimpiade Catur 2014 , sebuah ajang catur internasional yang paling penting. 

7. London, Inggris

  

London, kota terbesar Inggris dan rumah bagi 8,3 juta orang, telah menjadi pusat gravitasi untuk catur internasional selama berabad-abad. Pada tahun 1851, kota ini menjadi tuan rumah pertama turnamen catur internasional formal, yang dimenangkan oleh Adolf Anderssen dari Jerman , yang telah mengalahkan 15 pemain catur terbaik di dunia saat itu.

London menjadi tuan rumah ketujuh kejuaraan catur dunia, membuatnya peringkat kedua tersering menyelenggarakan kejuaraan catur dunia, tertinggal dengan peringkat pertama, Moskow. Baru-baru ini, London menggelar kejuaraan catur yang terkenal di dunia, ketika Vladimir Kramnik mengejutkan dunia dengan mengalahkan Garry Kasparov, yaitu tahun 2000.

6. Reykjavík, Islandia

 

Reykjavík, dengan 121.000 penduduknya, adalah kota terbesar dan ibukota Islandia. Terletak di bagian barat daya di Islandia yang dingin, Reykjavik adalah ibukota paling utara di dunia.

Meskipun kota ini jauh lebih kecil daripada kebanyakan kota-kota internasional lainnya, Reykjavík adalah rumah bagi enam dari delapan grandmaster Islandia, membuatnya sekitar 1 dari 20.000 warga yang tinggal di kota tersebut adalah grandmaster.

Reykjavík juga tidak diragukan lagi sebagai tuan rumah event yang paling terkenal dalam sejarah catur, yaitu kejuaraan dunia 1972 antara Bobby Fischer dan Boris Spassky. Di masa depan, Reykjavík direncanakan akan menjadi tuan rumah kejuaraan tim Eropa 2015 pada bulan November tahun depan.

5. Baku, Azerbaijan

 
Akademi Catur, Baku



Baku, rumah bagi 2,1 juta penduduk, adalah ibu kota Azerbaijan yang terletak diantara Eropa Timur dan Asia Barat. Kota kosmopolitan ini memiliki sejarah panjang yang melahirkan pemain catur kuat, dan sudah memiliki masa depan yang menjanjikan dalam catur.

Pemain catur paling terkenal di Baku adalah, tentu saja, Garry Kasparov, mantan juara legendaris dunia. Kasparov adalah juara dunia 1985-2000, dan ia mendominasi
kompetitif catur  di masa itu. Banyak - jika tidak sebagian besar - penggemar catur mempertimbangkan Kasparov menjadi juara dunia terbesar yang pernah ada.

Baku juga rumah bagi GM Teimour Radjabov, mantan anak ajaib dan saat ini menduduki peringkat ke-27 di dunia.

Kondisi baku yang aman, tenang, jauh dari keramaian, sejuk, karena itu, kota ini akan menjadi tuan rumah dua acara
utama mendatang : Piala Dunia 2015 dan Olimpiade 2016.

 4. New York, USA




New York, kota terbesar di Amerika Serikat dengan 8,3 juta penduduk, juga memiliki sejarah catur paling terkenal di Amerika.

New York adalah rumah bagi Marshall Chess Club yang terkenal, salah satu yang tertua di Amerika Serikat, yang didirikan pada tahun 1915 oleh catur juara Frank Marshall. Klub tertua di kota itu, meskipun, lebih terkenal Manhattan Chess Club, yang dibuka pada tahun 1877 dan ditutup pada tahun 2002.

Tempat yang paling terkenal untuk bermain catur di New York mungkin di Washington Square Park. meja catur terpampang disetiap sudut dan sering dikunjungi oleh master dan amatir yang kuat selama beberapa dekade, termasuk Bobby Fischer dan GM kelas dunia lainnya pada 1950-an dan 1960-an. Josh Waitzkin, jenius catur yang  membintangi film "Searching for Bobby Fischer," juga bermain di Washington Square Park.

Dalam kompetisi catur formal, New York co-host (Dengan St. Louis dan New Orleans) resmi mengadakan pertandingan
pertama  kejuaraan dunia pada tahun 1886 antara Wilhelm Steinitz dan Johannes Zukertort. Kota ini juga menjadi tuan rumah 1924 Super turnamen (Lasker, Capablanca, Alekhine, Marshall, Reti, Maróczy, Bogoljubow, dan Tartakower), 1995 kejuaraan dunia (Kasparov-Anand), dan pertandingan manusia-komputer terkenal Deep Blue vs Kasparov .

 

3. Khanty-Mansiysk, Rusia


Khanty-Mansiysk adalah kota yang berkembang pesat di Rusia bagian tengah. Didirikan pada tahun 1930, kota ini telah mendapatkan pendapatan dari industri minyak, dan penduduknya memiliki lebih dari dua kali lipat dalam 25 tahun terakhir menjadi sekitar 80.000 hari ini.

Kota ini telah menjadi tuan rumah beberapa peristiwa catur dunia yang paling penting dalam beberapa tahun terakhir. Khanty-Mansiysk menjadi tuan rumah turnamen 2014 dalam perebutan juara dunia, dimenangkan oleh Viswanathan Anand, yang akan menghadapi Magnus Carlsen pada bulan November untuk pertandingan ulang kejuaraan dunia.

Khanty-Mansiysk juga pernah menjadi tuan rumah dari empat Piala Dunia FIDE antara tahun 2005 dan 2011, mahkota Levon Aronian, Gata Kamsky, Boris Gelfand, dan Peter Svidler sebagai pemenang pada tahun 2005, 2007, 2009, dan 2011. Kota ini juga menjadi tuan rumah Olimpiade Catur 2010.

2. St. Louis, Missouri

 

 St Louis adalah pusat saat catur di Amerika Serikat. Kota ini sederhana berukuran, dengan sekitar 320.000 penduduk, namun memiliki komunitas catur yang terus berkembang berkat The Chess Club and Scholastic Center of Saint Louis, salah satu klub catur terbesar di dunia.

CCSCSL termasuk posisi master-in-residence, yang telah diselenggarakan oleh Ben Finegold, Yasser Seirawan, Alejandro Ramirez, Varuzhan Akobian, Jennifer Shahade, Ronen Har-Zvi, Irina Krush, Josh Friedel, Anna Sharevich, Robert Hungaski, dan Bryan Smith, menurut Wikipedia.

St Louis juga rumah bagi peringkat ke 5 dunia GM Hikaru Nakamura, dengan rating ELO 2787 di Juli 2014 daftar FIDE.

St Louis co-host (Dengan New York dan New Orleans) resmi pertama pertandingan kejuaraan dunia pada tahun 1886 antara Wilhelm Steinitz dan Johannes Zukertort. Kota ini enam kali menjadi tuan rumah kejuaraan
catur AS akhir-akhir ini, dan akan menjadi tuan rumah turnamen catur terkuat dalam sejarah, Piala Sinquefield mendatang, akhir bulan ini.

1. Moskow, Rusia

 

Moskow, dengan populasi 12,1 juta, adalah kota terbesar di Rusia dan kota terbesar ke-8 di dunia. Hal ini juga tidak dapat diragukan merupakan rumah bagi sebagian besar pemain catur di seluruh dunia.

Kota ini adalah markas kegiatan catur Uni Soviet untuk sebagian besar abad ke-20, dan dengan demikian sejarah catur sudah mendarah daging yang  di setiap sudut kota internasional ini.

Moskow telah menyelenggarakan kejuaraan catur terbanyak :15 kali , yang paling baru di tahun 2012 pertandingan antara Anand dan Gelfand.

Kota ini juga telah mengadakan dua
Olimpiade Catur , pada tahun 1956 dan sekali lagi pada tahun 1994.

Sembilan pecatur dengan tittle juara dunia
pernah tinggal di Moskow: Mikhail Botvinnik, Vasily Smyslov, Mikhail Tal, Tigran Petrosian, Boris Spassky, Anatoly Karpov, Vladimir Kramnik, Ruslan Ponomariov, dan Alexander Khalifman. Benar-benar kota impian para pecatur

itulah 10 kota terbaik dan paling bersejarah dalam dunia catur. Apa ada kota lain yang menurutmu baik untuk belajar mendalami catur? Atau kota impian para pecatur. Tolong beritahu pada para pembaca lewat komentarmu.


Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget