Endgame terbaik Magnus Carlsen - Strategi Ending Carlsen

Sebelumnya, kita pernah membahas pertandingan Magnus Carlsen melawan Anand Vishy di kejuaraan catur di Socci, Rusia (dulunya uni sovyet). Dengan memperhatikan gaya bermainnya saat melawan mantan juara dunia, Magnus memang mempunyai penguasaan tinggi dalam menyusun strategi terbaik. Bagaimanapun, catur modern yang sudah mendunia ini, sangat mustahil untuk menjadi juara dunia dan menyandang pecatur dengan rating tertinggi sepanjang sejarah tanpa mempunyai kemampuan penguasaan posisi dan strategi.

Magnus Carlsen HD


Benar, Magnus Carlsen mempunyai semua komponen yang membuatnya mampu menyusun strategi terbaik dengan perhitungan taktis, antisipatif. Dan tentunya, Magnus mempunyai teknik endgame yang tertata dan tepat dari segi taktis.

Apa itu Ending dalam catur?


Ending merupakan salah satu dari keseluruhan permainan catur (opening, middle, dan ending). Ending adalah suatu kondisi dalam catur dimana jumlah buah catur sudah sangat sedikit. Ada pula yang menambahkan, endgame terjadi bila raja juga turut aktif dalam permainan. Endgame bisa disebut babak akhir maupun permainan akhir. Namun, bukan berarti endgame terjadi saat setelah 60 langkah. Endgame bisa terjadi setelah 40, 35, bahkan 20 langkah!

Seberapa hebatkah Magnus Carlsen menyusun strategi? Nah, saya akan menunjukkan beberapa permainan terbaik Magnus Carlsen dimana ia menunjukkan kepiawaiannya dalam babak akhir.


Seperti Apa Gaya Magnus Carlsen?


Magnus Carlsen
Berikut ini saya akan share Permainan Akhir terbaik Magnus Carlsen – Endgame terbaik Magnus Carlsen. Ingat! Salah satu alasan mengapa saya memilih partai-partai ini, karena posisi buah yang seharusnya terlihat pasti draw, disulap menjadi win.

Pertama dibuka dengan Turnamen Kandidat FIDE 2013 di London. Di ronde kedua paling akhir, ia menghadapi Radjabov sebagai hitam, dan mereka dengan singkatnya mencapai kondisi dimana buah catur dalam kondisi sedikit – endgame.

Untuk yang bingung bagaimana cara membaca notasi catur silahkan baca ini, belajar notasi catur inggris


Teimour Radjabov vs Magnus Carlsen
Turnamen Kandidat FIDE 2013 London




Seperti yang kamu bayangkan, partai Magnus vs Radjabov ini          :  Magnus berhasil mengalahkan super grandmaster sejak pertengahan permainan akhir tanpa harus melakukan sesuatu yang berarti.Walaupun rada mengecewakan bahwa lawannya Radjabov sering melakukan blunder. Namun,
Performa magisnya bisa kamu lihat di partai ke enam dari kejuaraan dunia 2013 saat permainan sudah mencapai ‘kasus’ yang sulit untuk dipecahkan.
Viswanathan Anand vs Magnus Carlsen
World Championship


Benar-benar menakjubkan. Kebanyakan diantara kita mungkin akan berakhir draw saat kondisi demikian, namun Magnus berhasil menemukan penyelesaian terbaik diantara pilihan lain yang membuatnya merubah posisi imbang menjadi posisi menang.

Yang perlu diketahui, Vishy tidak mampu mempertahankan keunggulannya,dan akhirnya pada suatu kesempatan membuat Hitam mampu menyusun strategi dan merubah kondisi papan catur sesuai keinginan Hitam.

Ketika penghitungan akurat dan dalam dibutuhkan di Ending, banyak pemain yang - karena minimnya buah hanya mengandalkan feelingnya. Padahal, untuk Magnus Carlsen sendiri, feeling merupakan cara terakhir.

Sekarang lihat game catur yang satu ini



   
Sebuah pertunjukkan taktik presisi yang hebat. Menemukan 26. ... d4 dan berhasil menyusun prediksi yang tepat 10 langkah ke depan, benarkah Magnus manusia atau bukan?

Kapan-kapan saya akan share permainan terbaik Magnus Carlsen, tapi harus kamu ketahui, bahkan Magnus Carlsen sendiri masih membutuhkan moderasi.

Sekali lagi saya akan share Partai Magnus yang lain, dan lihat kamu akan lebih sering tersenyum daripada menguap.

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget