10 Trik Presentasi Powerpoint terlihat menarik dan keren, dijamin dapat nilai A

Tips dan Trik agar Desain PowerPoint terlihat lebih Professional termasuk keynote
 
 
Cool Powerpoint Tips
 
Ingat! Desain Slide yang Bagus, tidak akan ajaib membuatmu berbicara menjadi bagus, Namun cara berbicaramu yang benar-benar bagus terlihat RUSAK bila desain slidemu jelek! Ooouch. 

Peribahasa diatas memang benar, Sebenarnya apa sih faktor yang membuat persentasimu bagus? Penyampaian, Konten dan Desain. Walaupun kemampuan berbicaramu sangat luar biasa, namun tetap, gambar visual dapat mempengaruhi audience, karena ketika kamu menyampaikan, mereka tidak hanya mendengar, namun juga melihat. 

Coba bayangkan, ternyata dalam sehari bisa ada 30 juta persentasi. Dan faktanya, 90% di antaranya sangat membosankan. Bagaimana dengan hasil persentasimu, sekacau apa? 
Pemahaman

Sebenarnya apa sih tujuan persentasi itu?




Banyak!!! 

Untuk menyampaikan merk, menyampaikan sebuah topic apapun dengan bercerita semenarik mungkin.

Pemahaman #2

Terus, apa tujuan kita sebagai persentor :


Yaitu agar powerpoint kita menjadi kenangan terindah, membuat mereka terpesona, membuat penonton penasaran; wowing not yawning, jangan biarkan penonton seenaknya tertidur pulas saat kamu berbicara. Dan ketika kamu selesai berbicara, pastikan buat mereka bertepuk tangan kepadamu! 

Kebanyakan diantara kamu pasti bukanlah seorang designer, melainkan pelajar smp hingga mahasiswa. Namun tenang, kamu tidak perlu harus menjadi desainer agar powerpoint menjadi lebih bagus, Nah sekarang saya akan berbagi tips Mempercantik slideshow, mau itu powerpoint atau pun keynote atau apapun jenisnya, cara ini dijamin universal :
 

1. Setting ke WideScreen

Widescreen benefits
 
Dibandingkan ukuran standar jadulnya 4:3 kamu bisa setting tiap slide ke standar terbaru, 16:9 (widescreen). Mengapa? Karena widescreen mempunyai ruang kosong yang lebih banyak, sehingga kamu bisa lebih puas menghias, dan lebih muat dalam mengisi konten. Sekarang, laptop, smartphone, televisi dan gadget lain sudah menggunakan ukuran rasio standar 16:9, dan kamu masih berpatokan standar lama, kamu gak malu dipanggil orang jadul?

Caranya? gampang kok! Untuk powerpoint 2013, kamu tinggal ke design , lalu slide size , widescreen . Beres deh.
 

2. Konten Powerpoint = konten visual, gunakan gambar.

Presentasi PowerPoint yang baik
 
Gambar adalah segalanya! Satu gambar bisa berisi 1000 makna! Maka gunakan gambar untuk menjelaskan. Ada banyak tempat untuk mendapatkan gambar gratis, kamu bisa memotretnya, mengambil dari creative common, maupun membelinya. Biar memudahkan, nih, aku kasih tahu dimana sahabat bisa temukan gambar premium keren gratis;
  • CC Search
  • Picjumbo
  • Stock Exchange
Kalau ingin gambar premium berbayar kamu bisa ke
  • Photodune
 
Stop, Animasi gif yang tidak perlu! Kamu bisa gunakan animasi gif ketika akan membuka maupun menutup persentasi.
 
Tips lain!

Kamu bisa menggunakan gambar sebagai background, dan tentu saja, ada trik rahasia didalamnya. gimana caranya membuat background yang profesional.
 
Tips! Cara menjadikan gambar menjadi background di powerpoint
  1. Klik gambar, Kemudian klik kanan, setelah itu geser cursor ke send to back, setelah itu akan ada dropdown send to back dan send to backward. Pilih send to back. Hal ini agar imagemu berada di paling belakang sendiri
  2. Lihat gambar kedua! Kalau diperhatikan lagi, ada efek blur, ya, kan? Kamu bisa beri efek pada gambar dengan klik format kemudian artistic effect.
  3. Lihat, ada tulisan dibalik gambar, tapi terlalu buram karena gambar terlalu ‘ramai’. Oleh karena itu, tambahkan background semi-transparan dengan pergi ke insert >> shape kemudian timpa kebelakang dengan cara seperti cara ke satu. Untuk mengatur agar shape transparan, klik kanan >> Format shape >> transparent
Hey guys , Satu slide haruslah berisi maksimal satu gambar.... kecuali kalau sahabat mau membuat model portofolio, jangan bikin terlalu polos, bikin model modern grid (seperti pinterest).
Design Slideshow like powerpoint
 

3. Jangan menggunakan font standar!

 
Arial, Times New Roman dan Calibri. Yikes! Aku tidak membutuhkan itu kali ini! Semua font tersebut sangat cocok untuk dokumen print. Tapi sangat tidak user-friendly untuk mata. Default font seperti itu sudah membosankan. Oleh karena itu gunakan font lain. Yang sekiranya enak dipandang mata. Kamu bisa menginstal font dari berbagai sumber. Salah satunya google font, terdiri dari 600 font-font open-source gratis, dan setiap font mempunyai emosi dan kepribadian yang berbeda, misalnya font thriller yang memberi kesan mistis. Jadi pastikan font yang kamu pilih sesuai dengan konten, suasana, dan tujuan, ada beberapa fonts yang sangat disarankan untuk digunakan persentasi.
San serif (Helcetica, Tahoma, Verdana) untuk tulisan formal, selain itu saya rekomendasikan roboto, bebas neue.
Untuk nonformal: Oswald, Vertigo, League Gothic, pacifico, Ar Christy, Bauhas 93. Dan sekedar saran, kamu bisa mix semua font. Tapi jangan terlalu banyak, dua atau tiga font berbeda lebih baik. Selain google font dimana lagi saya dapat free font? Kamu bisa dapatkan huruf-huruf keren ini di fontsquirel, fontfabric, dan dafont.com.
Remember, jangan pernah menggunakan desain yang disediakan pada wordart , menurut saya, terlalu over stylish.
 

 4. Ukuran font Rekomendasi


Ukuran font haruslah 30 pt, kebanyakan ahli berkesimpulan demikian, bukan hanya karena agar mudah dibaca audience. Tetapi ini juga membuatmu mau tak mau hanya menulis pointnya saja... Terus saya bicaranya bagaimana? Ya kamu bisa siapkan rangkuman kecil di kertas.
 

5. Warna yang Sedap dilihat mata

Flat Color Colection for Presentations
Warna ini Bagus untuk Persentasi, lho
 

 

Warna memberi Sejuta Perasaan

Audience butuh sesuatu yang megah, termasuk pilihan warna. Pilihan warna yang paling baik adalah yang simple dan Flat. Warna ini mencolok namun juga segar dilihat oleh mata, mengapa demikian? Saya juga gak tahu, saya bukan dokter mata, hehe... Tapi saya sendiri mengalaminya sendiri. Apa itu warna simple? Warna yang tidak nabrak-nabrak seperti warna abstrak, makanya, hindari template bawaan powerpoint, sudah mainstream, sekaligus warnanya berantakan!
Pilihan skema warna umumnya ada dua: Terang dan Gelap . Jangan menggunakan warna yang kontrasnya terlalu tinggi, misalnya merah pekat,entar kamu disruduk banteng Dan juga jangan pernah dekati warna campur aduk. So, no need gradient, shadow, and anything effect. Simple is the best
 
Kamu bingung mencari pilihan warna yang baik, tenang, situs design seeds dan Adobe Kuller bisa membantu.

Atau kamu bisa gunakan warna yang terdapat pada gambar diatas. Caranya cukup mudah, gunakan eyedropper dengan cara tempel eyedropper pada warna yang sahabat mau, eye dropper terdapat pada menu format >> text fill /outline, shape fill/outline.
Situs lain yang membantumu memilih warna yang tepat: colorlover, colorschemedesigner.
 

6. Icon untuk PowerPoint

 
Kamu yang aktif di dunia maya pasti sering makai emoticon, gak pernah terbayangkah dipikiran sahabat, bahwa “bagaimana caranya menambahkan symbol di powerpoint”. Tolong jangan seperti itu,

rasa ingin tahu merupakan salah satu ciri orang sukses.

BTW, website saya juga bisa bikin font awesome >> 


Symbol optional sekali untuk membantu membuat slideshow terlihat lebih menarik. Kamu bisa dapatkan symbol ini di picol.org maupun fortawesome.github.io/Font-Awesome.
Khusus untuk fortawesome kamu download dulu .zipnya, kemudian repack >> instal .otf nya, setelah itu, kamu bisa minta 200+ font symbol jadinya ke saya. Kamu bisa hubungi saya lewat pesan fanspage facebook, twitter, maupun google plus. Dan ini gratis tanpa syarat apapun.
 

7. Hindari Bullet


Bentuknya sangat membosankan, buat apa kamu terus-terusanan pakai tuh sebagai list, waktunya berevolusi guys. Kamu bisa mengkreasikan sendiri list sederhana, alias membuat custom list desain sendiri, tahukan maksud saya, lihat gambar diatas.
 
 

 8. Buat Sesimple mungkin – Jangan Overdosis

 
Clean Persentation - Powerpoint
Jangan terlalu banyak hiasan, guys . Lebih banyak ruang kosong lebih baik, hal ini karena ruang kosong tersebut memberikan rasa “lega” bila dilihat dan membuat slide menjadi lebih clean . Oleh Karena itu, minim satu slide berisi 15 kata, tidak lebih.
 

 9. Membuat peta dunia 

 

Kalau kamu perlu membuat map, atau mau persentasi tentang lokasi, Powerpoint maupun keynote ternyata tersedia pack peta dunia. Barutahu kan? Jadi, kalau sudah tahu, waktunya say no to google image search. Ininih situsnya: free vector Maps.com, atau bisa call saya.
 

 10. Break the Rule!

Jangan ragu untuk mendobrak batas! Ciptakan sesuatu yang berbeda! Jadikan presentasi unik yang bahkan tidak dibahas di web ini.
 
Nah itulah 10 teknik jitu agar persentasimu menjadi lebih efektif, walau powerpoint atau keynote, asal sahabat tahu trik ini, dan kemampuan bicara yang bagus, saya jamin, sahabat bakal dapat nilai A.
 
 

Post a Comment

Nice article sob.
Dalam Powerpoint, yang ane suka bukanlah presentasi yang sangat detail dan panjang (ribet), namun desainnya ga oke, dan gambar background yang paling sering ane temui pasti gambar dengan kata kata motivasi yang gaje (biasanya sih, sering ane temui sewaktu SMA).
Hal yang ane suka dalam powerpoint adalah cara menyampaikannya dan tentunya desainnya sob.
Powerpoint kurang lezat tanpa desain yang memukau
Sering seringin post mengenai powerpoint sob :D

This comment has been removed by the author. -

Well, yapp, tujuan presentasi modern semata juga untuk menarik audience melalui kemampuan observasi visual, sehingga selain mendengar, audience juga melihat. MC kelas dunia sekarang sering menyampaikan presentasinya lewat gambar. Jadi powerpoint, keynote dan sejenisnya penting sekali dalam penyampaian topik. Andai tiap sekolah, guru-guru pandai bikin powerpoint ya.. siswanya pasti bakal gak ngantuk.

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget