Mengenal Peta Pikiran (Mind Mapping), teknik mencatat yang menyenangkan

 Pengertian Mind Mapping dan penemunya

MindMapping Guide and Methods with easy stepSahabat sudah tahu dengan metode Mind Mapping? Metode ini biasa disebut peta pikiran merupakan metode yang pertama kali ditemukan oleh Tony Bizan. Ia berpendapat bahwa otak mempeunyai cara tersendiri dalam memahami setiap hal yang ada disekitarnya. Termasuk Memahami pelajaran. Ia juga berpendapat bahwa otak akan lebih mudah mengingat dengan memvisualisasikan dan memberi warna dalam visualisasi tersebut. Oleh karena itu, terciptalah Mind Mapping atau yang sekarang kita kenal dengan Peta Pikiran.


Kali ini saya akan memberi tutorial lengkap peta pikiran, Oh ya, artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel metode menghafal cepat dan Meningkatkan Daya Ingat. Dan ini adalah metode ke 4.

Manfaat Peta Pikiran:
  • Meningkatkan daya ingat - Mind Mapping membantu otak dalam mengingat, hal ini dikarenakan otak lebih mudah mengingat benda visual berwarna dan gambar.
  • Belajar Menyenangkan – Dengan merangkum pelajaran menggunakan konsep peta pikiran, membuat belajar menjadi menyenangkan. Baik menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat, dll.
  • Efektif dan efisien, kita tidak perlu membaca satu buku penuh, cukup dengan melihat peta pikiran dan biarkan otak berimajinasi
Fungsi Peta Pikiran

Sama seperi artikel saya sebelumnya: (Tolong dibaca ya..) Metode Menghafal Cepat dan Awet, metode Mind Mapping mempunyai banyak fungsi. Fungsi Mind Mapping diantaranya sebagai berikut:
  1. Merangkum keseluruhan paragraf, bahkan kita dapat merangkum satu buku dalam satu lembar peta pikiran.
  2. Bisa Digunakan untuk menyusun jadwal mingguan
  3. Bisa juga untuk membuat peta impian kehidupan Sahabat
  4. Mengumpulkan banyak data dalam satu tempat
  5. Merangkum Pelajaran
  6. Merangkum Artikel
  7. Membantu menyusun teks pidato dan Ceramah
  8. Membuat jadwal pelajaran
Selain digunakan untuk belajar, Peta pikiran juga sangat membantu dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari. Kita bisa menumpahkan ide kita secara keseluruhan. Kok bisa ya.. Coba lihat contoh peta pikiran di bawah ini.

Hayoo, lihat kita belajar melatih otak untuk kreatif membuat desain peta pikiran. Sebelumnya saya sempat bilang efisien? mengapa saya bilang efisien. Coba lihat saja, ketika kita lupa maupun dirasa kurang memasukkan dalam peta pikiran, maka kita tinggal membuat cabang baru saja dalam kertas tersebut tanpa harus mengganti kertas baru maupun menghapus. Selain itu warna-warni seperti pelangi, bukan? Bentuknya unik lagi, Nah warna dan keunikan inilah yang pastinya akan tersimpan dengan baik di memori otak kita.
 
Bagaimana cara membuat Peta pikiran?

Pertama ada beberapa hal yang harus disiapkan terbih dahulu, Peralatan Membuat Peta Pikiran terdiri dari:

1. Kertas Putih Polos ukuran minimal A4
2. Spidol/Pensil gambar. Minimal mempunyai 3 warna berbeda
3. Wajib, Otak Kita Sendiri
4. Imajinasi dan kreatifitas

Aduh, nggak bosan bosan ya segalanya pakai otak, gak bisa pakai cara lainkah. Gapapa sahabat, tidurpun otak masih bekerja. Namanya juga manusia, haruslah berakal. Sekali-lagi, imajinasi dan otak kita sangat menentukan kita untuk menjadi orang sukses. Tahukan kalau peta pikiran mempunyai standar kriteria memenuhi syarat. Ada beberapa standar untuk mengaplikasikan peta pikiran. Setiap Peta Pikiran harus mempunyai kriteria berikut ini:
  • Pusat Peta pikiran
  • Cabang utama
  • Cabang
  • Kata
  • Gambar
  • Warna
Pusat Pikiran

Pusat pikiran adalah ide pokok yang harus sahabat punya dari awal. Apa yang akan sahabat bahas. Misalnya sahabat sedang membahas tentang huruf kapital, maka huruf kapital haruslah menjadi pusat dari peta pikiran. Pusat peta pikiran harus didesain seunik mungkin, bisa digambar seperti berikut:

Langkah Membuat Peta Pikiran

Cabang Utama


Langkah Membuat Peta Pikiran
Sekarang, apa saja sih selanjutnya, kamu tentunya tahu? Apa saja yang pemakaiannya harus menggunakan huruf kapital. Tentu saja: Nama Bangsa, Suku, Gelar, Tanggal (Bulan dan Hari), Peristiwa sejarah, Awal Kalimat.

Cabang utama sendiri kalau didalam paragraf, merupakan kalimat utama yang tentu harus nyambung dengan pusat peta.

Cabang Utama: awal kalimat, peristiwa bersejarah, nama orang, bangsa, suku, gelar, bulan, hari

Cabang


Setelah cabang utama di atas, tentunya kita butuh beberapa tambahan, , Yup, misalnya cabang utamanya hari maka kita perlu tambahkan contoh Senin dan Selasa. Cabang atau saya sering bilang ranting, merupakan penjelasan dari tiap kalimat utama (cabang utama).

Inilah inti dari Mind Mapping. Setelah huruf kapital dan salah satu cabang utamanya adalah hari, sahabat bisa tambahkan lagi cabang baru.

Metode peta pikiran ialah metode yang efektif yang membuat kita tidak terkantuk-kantuk ketika guru sedang menjelaskan pelajaran. Ininih cara agar kamu tidak ngantuk dikelas ketika guru menerangkan. Hehe... sumpah! Justru ketika guru sedang menjelaskan pelajaran di depan kelas, kita malah asik menggambar sambil berimajinasi. Otomatis tidak Ngantuk kan?

Mind Map ini adalah hasil jadi yang merupakan rangkuman tentang huruf kapital, Bagi sahabat yang belum hafal, silahkan dilihat kembali gambar di bawah ini.

Mind Mapping Techniques



Tambahan: Ada beberapa software Mind Mapping yang tersedia diluar sana, misalnya prezi dan imindmap.

Itulah Tips membuat MindMaping lengkap dengan tutorialnya, semoga belajar semakin senang.
Labels:

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget