Definisi, Bukti, Konsep Gerak bersifat relatif - Benda Diam pun ternyata bergerak

Maksud dan Contoh Gerak itu Relatif
Pasti sahabat pernah lihat Mobil bergerak kan? Nah menurut sahabat tuh mobil bergerak apa nggak? Saya kasih bocoran: Mobil itu... Bergerak.

Tapi bagaimana dengan pengemudi mobil? Sekarang, coba sahabat bayangkan di dalam mobil tersebut terdapat 2 orang.

Kamu sebagai salah satu orang tersebut yaitu penumpang, dan admin sebagai supir, hehe. Kira-kira si admin bergerak gak? Hehe, pasti pada bingungkan? Padahal kejadian ini sering kita jumpai sehari-hari.

Definisi Gerak


Sebelum otak sudah pusing tujuh keliling, saya kasih hint deh! Pertama kita harus mengerti dulu apa yang dimaksud gerak. Definisi gerak adalah perpindahan Posisi oleh benda atau makhluk hidup.

Udah itu aja? Yap, cuman itu.  Tapi 'cuman' disini jangan diremehkan guys. Ternyata lebih kompleks dari yang kita bayangkan.

Sekarang, setelah mengerti pengertian gerak, mari kita bayangkan lagi tentang supir dan penumpang tadi. Sejatinya supir tidak mengalami perubahan posisi terhadap penumpang, jadi bisa disimpulkan, tuh supir tidak bergerak alias diam.

Bagaimana dengan orang di luar kendaraan? 

Jawabnya tentu saja, si supir diam. Nah, lho? Kok Bisa? Karena orang luar tadi nempel di mobil sopir, jadi tidak ada perubahan jarak sama sekali. Hahaha!

Kalau orang luar tersebut berdiri tetap di satu tempat, misalnya dibawah pohon, nah setelah itu mobil tersebut bergerak, di dalam mobil tersebutpun sudah pasti dianggap bergerak. Hal ini karena orang luar tersebut dapat merasakan, melihat bahwa terjadi perubahan posisi pada mobil.

Nah,  sekarang, bagaimanakah sahabat menjelaskan teka-teki gerak tersebut? Di suatu kondisi si supir bisa dinyatakan bergerak, di satu sisi yang lain pula si supir bisa dikatakan tidak bergerak. Terus bagaimana kita bisa menjabarkan sifat gerak?

Sifat Gerak 

Ternyata, gerak bersifat relatif

Apa sih maksud gerak itu relatif? Relatif adalah tergantung pada acuan semula. Jadi, benda bisa dikatakan bergerak bila acuannya adalah A, dan Benda bisa dikatakan diam bila acuannya adalah B. 

 Jadi, Sopir "si pembuat ulah" tadi bergerak itu benar, bila dikatakan diam itu tidak salah, tergantung pada acuan manakah yang kita pakai.

Terus, coba kalian amati batu, apakah benar batu tersebut diam. Apa benar benda yang tak bergerak bisa dikatakan bergerak? 

Konsep Gerak
Ayo cepat jawab!


Jawabannya: bisa iya! Iya Bisa!

Hmm... Alasannya Karena planet kita berevolusi sekaligus berotasi... Hah! Apa hubungannya?

Tentu ada, Batu, tanah, kasur, rumah, dan sekolahmu terdapat di bumi. Sedangkan bumi kita sendiri bergerak. Jadi, makhluk hidup (astronot mungkin) yang tinggal di bulan, di mars, venus, sampai pluto pun tahu, kalau ternyata bumi tersebut berpindah tempat, 


Jadi, gak mungkin kan kalau bumi enak-enak berputar dan berevolusi (bergerak meninggalkan tempat), Eh sahabat, batu, dan rumah sahabat ketinggalan. 

Haduh, mampus dah!

Nah itulah maksud dari gerak itu relatif, jadi jangan sampai mengelak kalau ada anak kecil bilang tuh batu di pinggir jalan selalu bergerak. 

Semoga infonya bermanfaat ya...

Terima kasih telah membaca  artikel tentang alasan gerak itu bersifat relatif.

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget