Menambah dan Menghapus Label di banyak artikel untuk blogger lebih effisien, Pe-blogger wajib tahu!

How to Add and Delete Labels Blogger


Hai, sahabat blogger, kalian pasti lagi bingung tentang masalah “Label di blogger, kan?”. Bagaimana saya tahu, sst.. saya ini, hekel anonymus, he.. he... Ya nggak lah, saya gak bisa sehebat hekel-hekel seperti komunitas itu. Paling banter, saya meretas stasiun luar angkasa NASA, :D.

Ya, ya, ya, saya tahu sahabat punya masalah dengan “Pe-label-isasi di blogger” karena memang artikel ini khusus membahas tentang pemanfaatan label di blogger yang lebih baik dan cepat. Ini pengalaman saya aja, sahabat. Dulu tiap postingan di situs saya ini peletakan labelnya kacau banget. Jadi, Setiap artikel mempunyai label yang berbeda-beda, jadi setelah saya lihat, ada beberapa artikel yang seharusnya mempunyai nama label yang sama. Misalnya saja saya membuat artikel catur dengan label ‘catur’ dan artikel sepak bola dengan label ‘sepak bola’. Harusnya dua artikel tadi mempunyai kesamaan yang mirip yaitu sama-sama jenis olahraga – kenapa gak saya gabung dalam label ‘olahraga’ saja, ya? Aduh, aku tersipu..

Fungsi Penggunaan Label pada Situs, baik itu Blogger maupun Wordpress


Padahal penggunaan label sebenarnya sama seperti archive tanggal, label berfungsi membantu pembaca menemukan artikel dengan topik yang mirip. Jadi, pembaca yang ingin membaca artikel yang serupa cukup mengklik label pada artikel tersebut. Selain itu, label sangat mutlak dibutuhkan dalam membuat related post (artikel terkait).

Penggunaan Banyak Label lebih SEO


Itu saya juga mikir seperti itu, jadi artikel saya, saya kasih label yang buaaanyak, biar bisa jadi page one. Ya, taktik ini kalau dipikir ya gak terlalu benar juga gak salah-salah amat, sih. Penafsiran yang benar tentang manfaatnya dalam SEO: Label digunakan untuk membantu pengunjung menemukan artikel yang sama topiknya dengan artikel yang dibaca pengunjung, entah pengunjung itu minat dengan topiknya ataupun memang lagi butuh. Jadi dengan penggunaan label yang tepat, pengunjung mungkin akan membaca artikel lain yang sama-sama dikumpulkan pada label tersebut. Akibatnya pengunjung jadi betah berlama-lama di situs kita, dan mempengaruhi bounce rate dan session rate situs kita, sehingga semakin diperhitungkan oleh mbah google.

(Intinya, optimisasi SEO ditujukan untuk pengunjung, apalagi pengunjungnya adalah kamu... kamu)

Cara mengatur label pada banyak artikel lebih effisien untuk blogger only


Nah, oke, saya mempunyai artikel lebih dari 100, terus bagaimana mengurutkan artikel tersebut menjadi beberapa label yang sesuai?

Kalau sahabat gak mampir disini, sahabat gak bakal dapat cara efisien dan hemat kuota, heh, sudah gak jaman cara manual. Nih cara efektifnya:

1. Pergi ke beranda blogger, pilih post -> All


2. Berikutnya Klik Kotak All label, akan muncul menu dropdown, pilih label yang ingin dimodifikasi.

Untuk Menghapus Label pada seluruh Artikel


3. Kemudian Check all artikel (atau satu-satu) pada kotak-kotak kecil seperti pada gambar



4. Kemudian pilih kolom yang terletak di antara kolom check dan publish, yaitu kolom bergambar sesuatu.


Untuk menghapus misalnya label ‘Biografi dan Kisah Inspirasi’ sahabat pilih label yang mirip yang terdapat pada dropdown kolom bergambar ‘sesuatu’.



(Catatan: Untuk menghapus label biografi dan kisah inspirasi, pilih artikel yang sudah tersedia label dan kisah inspirasi, bila misal sahabat memilih tiga artikel, tapi salah satu artikel tidak ada label biografi dan kisah inspirasi, bukannya menghapus label pada artikel, tetapi malah menambahkan label pada artikel yang tidak ada label demikian)

Untuk Memberi label baru pada banyak artikel


 1. Kembali ke cara satu dan dua.
 
 2.Pilih (Check kotak) artikel yang ingin dibumbui label.

3. Tinggal pilih new label, isi nama labelnya, beres dah.



(Sekedar saran, setelah check artikel dan selesai ngedit, pastikan untuk meng-uncheck artikelnya)

 

Untuk Menambah label yang sudah tersedia pada Artikel Blog

 1. Kembali ke cara satu dan dua.
 
 2.Pilih (Check kotak) artikel yang ingin dibumbui label.

3. Tinggal pilih label yang tersedia,  beres dah. Misalnya saya ingin menambahkan Sejarah dan Biografi seperti di bawah ini.


 

Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget