7 langkah catur yang wajib kau lakukan sebelum kalah

Bucket List Walpaper HD


Apakah kamu pernah mendengar istilah "Bucket List"? kalau diartikan mungkin adalah daftar ember. Bucket List merupakan idiom bahasa inggris yang berarti apa yang akan kau lakukan sebelum mati.


Ide dari "daftar ember" bukanlah makna kiasan yang baru. Ini adalah konsep kuno menyusun daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan sebelum Anda "menendang ember," atau meninggal dunia.

seperti berkeliling dunia atau membeli rumah impian Anda, daftar ember catur Anda tidak harus mahal atau terlalu sulit untuk dicapai.

Berikut adalah picks kami untuk enam bergerak semua pemain catur harus bermain setidaknya sekali sebelum mereka mati.

Marilah kita tahu apa yang ada di da catur Anda di komentar dan


Bagaimana Bucket List dalam catur??

Yap!! Dalam catur, "Bucket List" adalah pilihan langkah saat kamu hampir skakmat.

trik catur agar bisa menang dalam kondisi kalah

7. Tips 1 : Smoothered Mate

7 langkah catur yang wajib kau lakukan sebelum kalah

Apakah kamu pernah melihat salah satu mat jenis ini sebelumnya? Kalau tidak, kau dalam bahaya.

smoothered Mate atau mate perlahan merupakan salah satu dari zugzwang. Langkah kombinasi ini biasanya dimulai dari double check menggunakan kuda dan ratu saat raja musuh sediagonal dengan ratumu. Kemudian ratu mu akan kau korbankan sehingga raja musuh terjepit. Lalu menggunakan kuda seonggok, skakmat raja musuh.

Bagi beberapa orang, kombinasi ini memang sangat indah.

Seperti ini Kombinasi Smoothered Mate







Saat pertama kali aku melihat kombinasi ini, kira-kira saat saya masih SD, saya tidak percaya dengan pembukaan ini.

Bermain membentuk formasi persis seperti ini membuatmu pasti menang dalam kondisi buah catur apapun, asalkan rajamu tidak terancam terlebih dahulu. Tapi asal kalian tahu, membuat posisi seperti akan sangat sulit bagii saya yang levelnya sudah bukan pemula lagi.... 

Bukan hanya bagaimana menset posisi yang kiranya bisa untuk smoothered mate. Namun juga kamu berharap bahwa musuhmu bermain sangat buruk sehingga mempersilahkanmu untuk melakukan serangan kombinasi ini.
(Ngiri deh sama Paul Morphy..)

6. Tips 2: Dibawah Promosi


Promotion Hd


Kebanyakan pecatur pemula lebih memilih mempromosikan bidaknya menjadi Ratu karena beberapa alasan

#1 Ratu merupakan buah catur terkuat, nilainya lebih besar dari buah lain (selain raja)
#2 Tidak tahu bahwa mempromosikan bidak bukan hanya menjadi ratu saja.

Memang Most People akan memilih yang paling mobilitas dan mempunyai keunggulan kekuatan, tanpa berpikir potensi dari setiap orang, termasuk dalam pawn promotion ini.

Mungkin setelah sobat hendak mempromosikan bidak sobat, sobat akan berpikir 2 kali setelah melihat diagram ini...




Hanya dengan mempromosikan bidak menjadi kuda -- Lihat seberapa unggul kamu, 
Lihat Hitam mempromokan jadi apa? Hanya dengan langkah itu Hitam membawa permainan ke babak akhir sangat cepat: Langkah ke 7. Memang kita lihat sebuah posisi aneh, tetapi beda lagi bila sobat mempromosikan bidak menjadi ratu, maka posisi akan dimenangkan Putih, minim Putih masih bisa bertahan.


Terkadang UnderPromotion juga bisa merubah keadaan menang menjadi remis, maupun remis menjadi menang, maupun kalah menjadi  menang. Contohnya Ini dari remis ke menang.




Keren kan, menggunakan 4 kali underpromotion yang semuanya bukan menteri, melainkan kuda

Saya juga saat SMP sering bermain catur melawan teman saya, kebanyakan teman saya suka mempromosikan bidaknya menjadi menteri, terus saya double skak in deh raja dan ratunya :D 

Coba kalau dipromosiin jadi kuda....

so, BTW, akan lebih baik kalau setelah bidak berada di petak akhir kau berpikir untuk memilih "yang lebih rendah" 


5. Tips 3: Gajah dan Kuda di babak akhir permainan
Bishop and Knight


Bagi kalian jangan pernah mengulurkan tanganmu dan menyerah ketika kamu tidak mempunyai buah lain selain raja. Dan musuhmu punya dua perwira, masing-masing gajah dan kuda.

Kamu bisa lihat sisa waktu musuhmu, ah! Sisa 4 menit! maka ambillah keuntungan ini untuk bertahan selama mungkin. Bahkan pemain provinsipun mungkin tidak akan tahu cara menskakmat raja menggunakan gajah dan kuda saja. 

Namun tahukah kamu, kita bisah mematkan raja musuh menggunakan sepasang kuda, gajah, dan raja milik kita? 

Ini benar-benar sulit. Kecuali kamu adalah pecatur kelas elit bertalenta, kau harus belajar terus mematkan menggunakan 2 perwira ini sebelum kamu yakin untuk menyelesaikan pertandingan bila posisimu seperti ini.

Faktanya, gajah dan kuda mempunyai nilai 6, sedangkan benteng bernilai 5. Menurutmu mana yang paling mudah mematkan raja musuh? Gajah dan Kuda? wii... kau adalah penerus Maddog
Sekarang , mari kau bayangkan kau sedang bermain dalam kondisi demikian, tanpa harus Melihat dengan mata - Mata tertutup. Seperti yang dilakukan Judit Polgar ketika bertanding turnamen catur buta di Monaco 1994

Belajarlah salah satu ending dengan penuh trik ini, selalu praktek, pahami konsep. Bila kau paham dengan trik ending catur ini, maka kau akan mengerti bagaimana gajah dan kuda dapat bekerja bersama.

4. Tips 4: Mat menggunakan Bidak





Pernah dengar kata  coup de grâce ? Itu bahasa Perancis, yang artinya adalah "pukulan belas kasihan" yang berarti memberikan "luka kecil" ataupun parah untuk mengakhiri penderitaan seseorang. Contohnya: Perang termasuk War of Chess

Bidak atau biasa disebut Pion memang merupakan buah yang paling tidak bernilai, bahkan pion tidak dikategorikan sebagai perwira dalam kamus catur.

Mat menggunakan pion sebenarnya tidak terlalu langka, namun mereka masih indah dan menarik untuk dimainkan. Jika Anda belum pernah melakukannya, cobalah sekarang. Berikut ini adalah ilustrasi dari simulasi yang sudah lama:

3. Tips 5:  Mengorbankan Ratu



OK, saat di list ke satu, smoothered mate terkadang juga mengorbankan menteri, Namun smoothered mate benar-benar membutuhkan kuda. 

Sekarang banyak cara mencapai kemenangan dengan cara mengorbankan perwira paling berharga, tetapi tetap menang.

Dapatkah Anda bayangkan langkah catur begitu menyenangkan sehingga penonton sangat senang saat seorang pemain meraih kemenangan dengan koin emas?

Salah satunya misteri bagaimana Frank Marshall benar-benar menerima setiap keping emas setelah mengorbankan Ratu ini sekantung yang luar biasa, namun langkah itu sendiri seindah logam mulia:



Putih bisa mengambil ratu dengan tiga pilihan yang berbeda, dan hasilnya semua kalah. Langkah Putih terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menyerah tanpa kompensasi, menunjukkan kekuatan yang luar biasa terkenal Marshall sekaligus koin emas Marshal.

Kadang-kadang ratu dikorbankan bukan untuk menang langsung, tapi untuk ide indah yang menciptakan keuntungan yang menentukan.

Bobby Fischer "Game Abad Ini" adalah contoh yang bagus. Langkah ke-17, Fischer muda menggigit jarinya sambil melangkah BE6 !!, mengorbankan ratunya untuk terkoordinasi dengan serangan ganas oleh potongan yang tersisa:


2. Tips 6:  Kavalier Mat



Yang ini memang secara pribadi paling saya favoritkan, selain sangat langka, juga ada unsur lucunya
Salah satunya: Menggunakan 3 atau lebih kuda untuk mematkan raja musuh yang sendirian

Mat menggunakan dua kuda bisa saja terjadi, namun menunggu blunder musuh. Untuk benar-benar menguasai mat menggunakan banyak kuda, minim untuk kita membutuhkan sepuluh kuda.

Untuk bisa mewujudkan kondisi ini, kau membutuhkan musuh yang sejak lahir mempunyai semangat tinggi dan tak pernah mundur atau Komputer yang tak akan menyerah.


GM Hikaru hanya membutuhkan 155 langkah dan 3 menit untuk memperoleh skakmat terindah melawan Komputer Crafty






Nakamura, bagaimanapun juga, merupakan perpaduan antara mesin catur dan cyborg bahkan lebih menakutkan dari stockfish computer.

Sebagai bonus, Mari lihat permainan lain Nakamura dengan lima Bishop eh... gajah eh... sama saja
Dimulai dari awal agar menimbulkan efek shok berlebih.


1. Tips Catur 7: Mencari Jalan Remis


Merupakan problem catur kelas very hard, mengorbankan seluruh perwiramu, buah caturmu hingga rajamu tidak bisa bergerak, sehingga terjadilah remis.

Saat kondisimu terdesak karena material, dan tidak ada jalan mematkan raja musuh, kau harus berfikir kreatif untuk mencari jalan keluar lain. Yaps! Stalemate...



Lebih sulit dari problem mematkan raja memang, karena rata-rata orang akan menyerah melihat posisi dan kualitas buah yang jelek. Belum lagi membuat langkah paksaan, wiss level grandmaster deh.

Clue untuk stalemate, pastikan semua bidakmu terblok!



Post a Comment

- Comment dilarang spam-menyebarkan link
- Untuk mendapatkan backlink berkomentarlah menggunakan gmail / openid
- Dilarang komentar 'dewasa'
-Sharing is Caring. Jangan lupa like fanpage kami

Refano Pradana

{google-plus#https://plus.google.com/u/0/112244076923112035800/} {pinterest#https://id.pinterest.com/apsdbgsmgs/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget